News
Rabu, 26 Oktober 2022 - 08:07 WIB

Mahasiswa ITP Padang Belajar Seni Budaya Jawa di ITNY

Bc  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mahasiswa Institut Teknologi Padang (ITP) peserta student exchange di ITNY mengikuti kegiatan ekstrakurikuler budaya dengan belajar memainkan gamelan dan seni tari Jawa. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Padang (ITP) mengikuti program student exchange  di Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY).

Selain mengikuti perkuliahan, mahasiswa ITP tersebut juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler budaya dengan belajar memainkan gamelan Jawa.

Advertisement

Kegiatan ini digelar di rumah salah satu dosen ITNY, Ir. Agus Jayatun, MT yang juga seorang dalang tinggal di Dusun Dukuh Lor, Pakahan, Jogonalan, Klaten pada Minggu (24/10/2022).

Para mahasiswa tersebut berlatihan menabuh gamelan dan tari di bawah asuhan Ki Dalang Agus Jayatun bersama keponakannya, Roro Gandis dan Dimas Respati. Agus membimbing peserta dengan telaten hingga alunan gamelan terasa di pentas pertunjukan.

“Keempat belas mahasiswa ITP antusias memainkan seperangkat gamelan Jawa dan terdengar terasa cepat bisa berkesenian karawitan,” jelas Agus dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Advertisement

Baca Juga: Ikuti Kejuaraan Karate Nasional, Tim ITNY Raih 3 Medali Emas dan 2 Perak

Mahasiswa Institut Teknologi Padang (ITP) peserta student exchange di ITNY belajar memainkan gamelan dan seni tari Jawa. (Istimewa)

Selama latihan gamelan berlangsung, mahasiswa didampingi tiga dosenn lain, Dr Ade Indra (ITP), Dr Nofriady Handra (ITP), dan Dr Subardi (ITNY). Mereka juga ikut memainkan gamelan.

“Selama mengikuti program student exchange di ITNY, saya sangat terkesan dan bahagia dapat tambahan ekstra memainkan gamelan warisan adiluhung menjadi pengalaman tak terlupakan,”kata Ihsan, mahasiswa Teknik Mesin ITP.

Advertisement

Terkait program ini, Ade Indra menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan ITNY atas perhatiannya kepada para mahasiswa ITP pada kegiatan budaya Jawa tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif