News
Rabu, 6 Agustus 2014 - 10:05 WIB

LOWONGAN CPNS 2014 : Belum Ada Pemda Umumkan Pendaftaran CPNS

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Balai Kota Solo (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO – Sejauh ini baru beberapa instansi pusat yang telah mengumumkan lowongan CPNS 2014. Sedangkan sejumlah pemerintah daerah belum dapat memastikan pengumuman. Solo telah mengumumkan akan buka 56 formasi, namun hingga kini belum pasti kapan pendaftaran akan dibuka.

Laporan Solopos.com, Jumat (4/7/2014), satu bulan silam, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengumumkan bakal membuka lowongan untuk 56 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk umum pada akhir tahun ini.

Advertisement

Hal tersebut menyusul diterimanya surat persetujuan tambahan formasi CPNS dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) oleh Pemkot pada akhir Juni lalu.

Nantinya, lowongan CPNS tersebut untuk mengisi kebutuhan  tenaga teknis maupun fungsional yang sebelumnya kosong.

Sebanyak 56 formasi lowongan tersebut tersebar di sejumlah SKPD. Kendati demikian, Lancer belum bisa memastikan kapan pendaftaran CPNS tersebut dibuka. Pasalnya, dia masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pusat.

Advertisement

Serupa, Kulonprogo telah menyatakan siap membuka seleksi untuk 30 formasi. Laporan Harian Jogja, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sarji, Kamis 3/7/2014) silam, mengaku telah menerima surat edaran dari Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementrian PAN-RB) terkait pembukaan formasi Aparatur Sipil Negara.

Dari edaran tersebut, kuota pegawai yang diberikan pusat untuk Kulonprogo hanya 30 formasi.

Sedangkan, Pembda Berau yang hingga hari ini belum mengumumkan penerimaan formasi meskipun sudah mendapat jatah dari Kemenpan-RB. Dikutip dari laman Detik, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau Abdul Rifai, melalui Kepala Bidang Pengadaan Pegawai dan Mutasi, Zainal Arifin, pada hari Kamis (24/7/2014) memberikan alasannya bahwa pengumuman formasi akan disampaikan langsung oleh Kemenpan-RB melalui website.

Advertisement

Terkait jadwal pendaftarannya, Pemda Berau menunggu edaran resmi dari kemenpan-RB. Sejauh ini, pemda terus melakukan pemantauan lewat website untuk melihat perkembangan terbaru di Jakarta.

Pendaftaran CPNS kemungkinan akan dibuka pada Agustus mendatang. Sedangkan untuk pelaksanaan tesnya dimulai pada bulan September dengan sistem computer assisted test (CAT). Para calon pelamar diminta melakukan mempelajari dan melakukan simulai CAT dari buku-buku tutorial yang dijual secara online dan di toko-toko terdekat.

Khusus untuk Berau, tahun ini kemungkinan Pemda akan membuka lowongan CPNS yang bisa mengakomodasi lulusan SMA. Hal ini tentu menjadi kabar gembira mengingat tahun sebelumnya batasan terendahnya adalah dari lulusan diploma tiga. Beberapa tempat juga diusulkan formasi lulusan SMK pada penerimaan CPNS tahun ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif