News
Jumat, 6 Desember 2013 - 19:10 WIB

Lirik Lagu Tulisan Springsteen Laku Rp2,3 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bruce Springstreen (kanan) berpose untuk sampul album Born to Run (paulfrasercollectibles.com)

Solopos.com, LOS ANGELES — Draf lirik lagu hits Born to Run yang ditulis tangan oleh roker Bruce Springsteen pada tahun 1974 laku terjual di Balai Lelang Sotheby’s, New York, Kamis (5/12/2013), dengan harga US$197.000 atau setara Rp2,36 miliar.

Angka itu lebih dari dua kali lipat estimasi Sotheby’s. Semula juru taksir Sotheby’s di Los Angeles menduga kertas bertuliskan rangkaian huruf yang ditorehkan miring dengan tinta warna biru itu bakal laku terjual dengan harga US$70.000 sampai US$100.000.

Advertisement

Tulisan tangan Bruce Springsteen berupa lirik lagu Born to Run yang dilelang Sotheby’s (ultimateclassicrock.com)

Satu halaman buku catatan lirik itu menunjukkan proses kreatif Springsteen dalam membuat lagu itu. Meskipun beberapa bagian dalam lirik itu tidak direkam, teriakan terkenalnya, ”Tramps like us, baby, we were born to run,” termasuk di dalamnya.

”Ini dibuat tahun 1974 ketika dia mempersiapkan album ketiga,” kata Richard Austin, kepala bagian buku dan manuskrip Sotheby’s kepada Kantor Berita Reuters menjelang penjualan.

Advertisement

Springsteen membutuhkan waktu enam bulan untuk menyelesaikan lagu Born to Run yang juga menjadi judul albumnya tahun 1975. ”Dan ada satu kisah yang dia ceritakan tentang duduk di pinggir tempat tidur dengan gitarnya dan frase born to run datang ke kepalanya. Dan apa yang Anda lihat sebenarnya proses yang ia lalui untuk menyelesaikan lagu,” katanya.

Draf lirik lagu Springsteen itu adalah salah 1 dari 176 lot yang ditawarkan dalam lelang Buku dan Manuskrip Sotheby’s, Kamis. Lelang itu menghasilkan total dana lebih dari US$3,7 juta atau Rp44,2 miliar. Lelang itu mencakup satu surat dari John Lennon, satu rangkaian surat cinta dari Mick Jagger, dan karya-karya William Shakespeare, Ernest Hemingway, dan Thomas Jefferson.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif