News
Rabu, 25 Januari 2023 - 12:02 WIB

Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia, Pendukung Prabowo yang Pernah Pro Jokowi

Rudi Hartono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lieus Sungkharisma. (JIBI/Bisnis - Sholahuddin Al Ayubbi)

Solopos.com, SOLO–Aktivis Tionghoa Lieus Sungkharisma meninggal dunia diduga karena serangan jantung. Politikus Partai Gerindra, Fadli Zon mengucapkan duka cita melalui akun Twitternya, @fadlizon pada Rabu (25/1/2023).

“Selamat jalan Bro Lieus Sungkharisma, aktivis yg berani bicara n bersikap. Sungguh sedih n merasa kehilangan. Sy mengenalnya sejak 1992, ketika alm menjadi Ketum Gemabudhi. RIP Bro Lieus …,” tulis Wakil Ketum Umum (Waketum) DPP Partai Gerindra yang juga anggota DPR itu dalam cuitannya yang dipantau Solopos.com, Rabu.

Advertisement

Pada cuitan lainnya, Fadli Zon menyematkan tayangan kanal Youtube-nya tentang obrolannya bersama Lieus bertema Habib Rizieq pada 2021.

Fadli Zon juga mengunggah cuitan lain mengenai kenangannya berbincang bersama Lieus di rumah Rocky Gerung.

“Kenangan ngobrol bersama Bro Lieus Sungkharisma di rumah Rocky Gerung. Selamat jalan Bro Lieus. Sikap n keberanianmu akan selalu menginspirasi. RIP.,” tulisa Fadli Zon dalam cuitannya.

Advertisement

Dukacita juga disampaikan politikus Partai Gerindra yang juga anggota DPR lainnya, Habiburokhman. “Dukacita mendalam beliau Aktivis yg punya idealisme, selamat jalan Bang Lieus,” tulis Habiburokhman dalam cuitannya di akun Twitter miliknya, @habiburokhman.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari sejumlah sumber, Lieus merupakan aktivitas yang terlibat intens dalam gerakan-gerakan politik. Saat Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta didampingi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Lieus aktif mengkritik kebijakan mereka terkait pembangunan moda raya terpadu (MRT).

Namun pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Lieus mendukung Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla. Saat itu Jokowi-Kalla memenangi kontestasi pilpres melawan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Advertisement

Kemudian Liues berbalik arah. Pada Pilpres 2019, dia menjadi bagian dari gerakan #2019GantiPresiden yang menegaskan dia mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang saat itu melawan petahanan Jokowi berpasangan dengan Ma’ruf Amin.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif