News
Kamis, 29 Februari 2024 - 23:00 WIB

Kursi PDIP di DPRD Sleman Dipastikan Berkurang, Meski Suaranya Terbanyak

David Kurniawan  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Solopos.com, SLEMAN – Raihan kursi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di DPRD Kabupaten Sleman pada Pemilu 2024 dipastikan berkurang. Meski demikian, PDIP hampir dipastikan menjadi partai politik pemenang pada Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk DPRD Sleman pada Pemilu 2024.

Ketua DPC PDIP Sleman, Koeswanto, mengatakan proses rekapitulasi suara masih berlangsung di KPU Sleman. Berdasarkan perhitungan sementara maupun rekap internal partai, dia memastikan partainya akan menjadi pemenang di Sleman.

Advertisement

“Terus kami kawal dalam proses perhitungan suara sehingga hasilnya sesuai dengan rekap yang dilakukan di internal partai,” katanya, Kamis (29/2/2024).

Meski tampil sebagai pemenang, Koeswanto mengakui raihan kursi di DPRD Sleman berkurang ketimbang raihan lima tahun yang lalu. Di Pemilihan 2019, partai berlambang banteng moncong putih ini berhasil mendapatkan 15 kursi dewan.

Advertisement

Meski tampil sebagai pemenang, Koeswanto mengakui raihan kursi di DPRD Sleman berkurang ketimbang raihan lima tahun yang lalu. Di Pemilihan 2019, partai berlambang banteng moncong putih ini berhasil mendapatkan 15 kursi dewan.

Namun demikian, sambung dia, di pemilu kali ini hanya meraih 13 kursi DPRD Sleman. Untuk Dapil 2 dan Dapil 3, PDIP kehilangan satu kursi.

“Di Pemilu 2019, di dapil ini [Dapil 2 dan 3] bisa dapat tiga kursi, tapi sekarang hanya dua kursi saja,” jelasnya.

Advertisement

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan untuk Dapil Sleman Selatan akan meraih tiga kursi dan Dapil Sleman Utara juga tiga kursi.

“Ada tambahan satu kursi di Dapil 6 DIY [Sleman Utara] menjadi tiga kursi. Jadi, di Pemilu 2024, PDIP Sleman meraih enam kursi DPRD DIY,” katanya.

Ketua DPD Golkar Sleman, Janu Ismadi mengatakan pihaknya optimistis dapat meraih dua kursi DPRD DIY di Pemilu 2024. Kursi ini disumbang dari Dapil Sleman Selatan dan Utara, masing-masing satu kursi.

Advertisement

“Sudah ada perhitungannya dan kita dapat dua kursi di provinsi. Tapi, kepastiannya tetap menunggu perhitungan di KPU Sleman yang masih berlangsung hingga saat ini,” katanya.

Sedangkan untuk DPRD Sleman, Janu optimistis mendapatkan enam kursi yang disumbang dari setiap dapil, masing-masing satu kursi. Raihan ini meningkat satu kursi ketimbang hasil di Pemilu 2019 yang hanya dapat lima kursi.

“Lima tahun lalu di Dapil 3, kita tidak dapat kursi. Tapi sekarang [Pemilu 2024] dapat satu kursi sehingga ada enam kursi yang diraih Golkar di Pileg Sleman,” katanya.

Advertisement

Terpisah, Ketua Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, mengatakan terus melakukan pengawasan terhadap rekapitulasi suara Pemilu 2024  di tingkat kabupaten. Hingga sekarang proses perhitungan masih berlangsung dan ditargetkan selesai pada Jumat (01/3/2024).

“Ini masih proses dan target dari KPU Sleman, perhitungan akan selesai besok,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Meski Menang Pemilu, PDIP Kehilangan 2 Kursi DPRD Sleman

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif