News
Jumat, 29 Januari 2016 - 16:30 WIB

KURS RUPIAH : Rupiah Meroket Tinggalkan Rp13.800/dolar AS, Ini Pendorongnya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan kurs rupiah (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah menguat tajam hingga 95 poin akhir pekan ini.

Solopos.com, JAKARTA — Kurs rupiah akhir pekan ini, Jumat (29/1/2016), menguat tajam hingga menjelang penutupan. Rupiah ditutup di level Rp13.778/dolar AS atau menguat 95 poin (0,68%). Paket kebijakan ekonomi IX dan tertekannya dolar AS mendorong penguatan.

Advertisement

Kurs rupiah dibuka menguat 0,34% atau 47 poin ke level Rp13.826/dolar AS pada perdagangan Jumat (29/1/2016). Kurs Jisdor menguat 43 poin pada Jumat (29/1/2016). Rupiah meneruskan apresiasi di pasar spot, mata uang dengan kinerja terbaik di pasar emerging dalam 4 bulan terakhir.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta memprediksi rupiah akan melanjutkan penguatannya pada hari ini. “Harapan inflasi domestik yang rendah, diluncurkannya paket kebijakan ekonomi IX serta afirmasi Moody’s terhadap peringkat layak investasi Indonesia memberikan juga tambahan sentimen positif di pasar keuangan,” paparnya dalam riset.

Sementara itu, indeks dolar AS ikut tertekan seiring dengan menguatnya minyak ditambah juga peran serta pernyataan the Fed yang pesimistis terhadap prospek perekonomian pada FOMC meeting kemarin.

Advertisement

Adapun siang ini ditunggu keputusan BoJ yang diharapkan menambah jumlah stimulusnya melihat indikator ekonomi, terutama inflasi, yang masih jauh di bawah target.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif