News
Jumat, 2 Oktober 2015 - 16:31 WIB

KURS RUPIAH : Rupiah Berbalik Menguat 45 Poin, Didorong Buruknya Data Ekonomi AS

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang kertas rupiah (Endang Muchtar/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah ditutup menguat dalam perdagangan akhir pekan ini.

Solopos.com, JAKARTA — Kurs rupiah akhirnya menguat akhir pekan ini. Rupiah terlihat cukup perkasa hari ini meski dibuka melemah dan ditutup di level Rp14.646/dolar AS atau menguat 45 poin (0,31%).

Advertisement

Bloomberg Dollar Index mengemukakan saat dibuka hari ini, Jumat (2/10/2015), rupiah melemah 9 poin atau 0,06% ke Rp14.700/dolar AS. Rupiah juga sempat melemah hingga siang hari, termasuk kurs tengah BI yang terdepresiasi 55 poin (0,38%) ke Rp14.709/dolar AS.

“Rupiah terus melemah secara substansial, kita berpikir Bank Indonesia akan menaikkan suku bunga untuk mempertahankan mata uang,” kata Roy Teo, Ahli Strategi Valuta Asing Senior ABN Amro Bank NV seperti dikutip Bloomberg, Jumat (2/10/2015).

Namun setelah itu, rupiah berbalik menguat hingga penutupan. Analis PT Monex Investindo Futures, Agus Chandra, mengatakan penguatan rupiah pada hari ini mendapatkan dukungan dari data ISM indeks manufaktur Amerika Serikat (AS) yang memburuk. Selain itu mendapat sokongan juga dari rebound-nya indeks Hang Seng atau bursa saham Hong Kong.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif