News
Rabu, 3 Februari 2016 - 11:10 WIB

KURS RUPIAH : Nilai Tukar Rupiah Dibuka Melemah ke Level Rp13.721

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Kurs rupiah pagi ini dibuka melemah 30 poin.

Solopos.com, JAKARTA — Nilai tukar rupiah dibuka melemah 0,22% atau 30 poin ke level Rp13.721 per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan, Rabu (3/2/2016).

Advertisement

Selanjutnya rupiah melemah 0,18% atau 24 poin ke level Rp13.715/US$. Adapun indeks dolar AS melemah tipis 0,03% di level US$98,85.

Sebelumnya, perdagangan rupiah ditutup menurun 59 poin atau 0,43% ke Rp13.691/US$ pada Selasa (2/2/2016).

Terkait dengan pelemahan rupiah, ekonom Samuel Sekuritas Indonesia melihat hal ini masih dapat berlanjut mengikuti anjloknya harga minyak hingga hampir 5%.

Advertisement

“Kembalinya tren pelemahan harga minyak mentah menjadi isu utama selain data ekonomi yang kurang baik dari Tiongkok,” paparnya dalam riset yang dikutip Bisnis.

Namun, lanjutnya, pelemahan rupiah bisa terbantu oleh aliran dana masuk ke instrumen keuangan berbasis suku bunga yang selalu menjadi incaran di tengah ekspektasi inflasi global yang turun.

Selain faktor global, isu pertumbuhan domestik menjadi fokus. PDB diumumkan 5 Februari 2016 mendatang dan diperkirakan membaik.

Advertisement

Sementara itu kombinasi antara data ekonomi Tiongkok yang masih menunjukkan perlambatan serta belum adanya konfirmasi dari Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) tentang pembahasan pemangkasan produksi minyak mentah membuat harga minyak mentah kembali tersungkur hingga dini hari tadi.

Hal itu diikuti oleh jatuhnya indeks saham AS serta imbal hasil obligasi global – imbal hasil US Treasury 10thn sudah turun hingga 1,85% bersamaan dengan pelemahan dollar index. Pagi ini kembali ditunggu data PMI Composite Tiongkok yang diperkirakan sedikit membaik.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif