News
Sabtu, 25 Juli 2015 - 10:50 WIB

KULINER SOLO : Tingkat Kunjungan Restoran Naik Tiga Kali Lipat Saat Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi restoran. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Kuliner Solo pada libur Lebaran belum lama ini restoran-restoran meraup berkah dengan meningkatnya kunjungan.

Solopos.com, SOLO—Sejumlah restoran diserbu pemudik saat Lebaran untuk menikmati waktu bersama keluarga. Hal ini membuat tingkat kunjungan restoran meningkat tajam hingga tiga kali lipat jika dibandingkan hari biasanya.

Advertisement

Marketing and Banquet Sales Exective Goela Klapa Restaurant, M. Wahyu Hidayat, menyampaikan sejak H+1 atau Minggu (20/7/2015) jumlah kunjungan meningkat tajam, bahkan hingga overload. Oleh karena itu, pihaknya menambah meja dan kursi membuat daya tamping restoran bertambah hingga lebih dari tiga kali lipat, yakni dari 75 orang menjadi 230 orang-250 orang.

“Banyak yang waiting list atau akhirnya pilih melakukan reservasi [pemesanan] untuk hari selanjutnya supaya tidak kecele. Kebanyakan yang datang adalah pemudik jika dilihat dari nomor kendaraan. Ada yang berasal dari Solo tapi biasanya bersama dengan keluarga yang pulang ke Solo,” jelasnya saat ditemui solopos.com, Jumat (24/7/2015).

Menurut dia, kebanyakan tamu yang datang adalah rombongan keluarga atau grup, bahkan ada pula tamu yang datang menggunakan dua bus. Menu makanan yang paling banyak dipilih konsumen adalah nasi bakar yang merupakan menu andalan Goela Klapa. Meski begitu, menu yang lain juga banyak diminati.

Advertisement

Dia menjelaskan kenaikan pengunjung ini lebih tinggi dari pada tahun lalu. Pihaknya pun mengaku sudah memprediksi kenaikan pengunjung.

Oleh karena itu, sebelum Lebaran menambah sejumlah peralatan untuk menyimpan bahan baku. Hal ini mengingat biasanya pasokan bahan makanan agak tersendat setelah Lebaran karena supplier libur.

“Stok bahan makanan ditambah tiga hingga empat kali lipat dari biasanya. Saat stok mulai menipis, langsung order supaya segera dikirim sehingga tidak mengecewakan pelangan,” kata dia.

Advertisement

Selain restoran yang diserbu, jasa katering juga banyak pesanan. Wahyu menyampaikan pesanan katering bisa mencapai 2.000 box dalam sehari. Hal ini karena dipesan untuk acara halalbihalal atau arisan keluarga.

Manager Operasional Xing Wang Resto, Felina Yunistia, menyampaikan tingginya tingkat kunjungan meningkat sejak Ramadan untuk kegiatan buka puasa bersama. Apalagi hingga saat ini pihaknya menawarkan promo buy two get one dengan harga mulai dari Rp28.000. Selain itu, terdapat juga 18 menu baru dengan harga mulai dari Rp19.000.

“Tingkat kunjungan naik dua hingga tiga kali lipat, terutama saat weekend. Pengunjung biasanya melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memastikan mendapat tempat,” ujarnya.

Pihaknya memprediksi tingkat kunjungan akan ramai hingga akhir bulan. Hal ini karena biasanya banyak instansi pemerintah maupun swasta yang mengadakan halalbihalal.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif