News
Minggu, 28 Juli 2013 - 22:58 WIB

KUDETA MESIR : Kalangan MPR Minta Indonesia Proaktif Memediasi dalam Krisis Mesir

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin (mpr.go.id)

Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin (mpr.go.id)

Solopos.com, JAKARTA —Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin meminta Pemerintah Republik Indonesia ikut serta dalam mediasi konflik di Mesir. Langkah itu dinilai perlu diambil mengingat sejarah panjang Indonesia-Mesir. Mesir adalah negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia setelah diproklamasikan 17 Agustus 1945.

Advertisement

“Sebagai sesama negara anggota Organisasi Konferensi Islam dan memiliki sejarah panjang dalam berhubungan dengan Mesir, Pemerintah Indonesia haruslah proaktif menawarkan diri menjadi pihak yang bisa memediasi terwujudnya rekonsiliasi di antara para pihak dalam pemerintahan Mesir,” kata Lukman Hakim di Jakarta, Minggu (28/7/2013).

Menurut Lukman Hakim yang juga wakil ketua umum dewan pimpinan pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, pengambilalihan kekuasaan dengan menggunakan aksi militer di Mesir harus dihindari dan diakhiri, apalagi sampai jatuh korban jiwa. Lukman menilai, mempertahankan kekuasaan dengan menggunakan cara-cara kekerasan juga bukan penyelesaian yang beradab.

“Masyarakat Mesir harus didorong untuk mau dan mampu menyelesaikan masalahnya dengan musyawarah antarmereka di meja perundingan secara damai,” katanya. Mesir, tambah dia, tak boleh dibiarkan berada dalam proses memasuki perang saudara yang tak hanya akan amat menyusahkan masyarakatnya, tetapi juga merugikan warga dunia.

Advertisement

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Twitter telah mengajak Persatuan Bangsa-Bangsa menengahi konflik  di Mesir. Krisis Mesir yang dipicu kudeta militer telah berimbas pada kehidupan warganya, kebebasan pers diberangus, sedangkan aparat bersenjata menembaki demonstran.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif