News
Sabtu, 10 Agustus 2013 - 15:12 WIB

KRISIS MESIR : Ban Ki-moon Serukan Dialog Damai

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ban Ki Moon

Ban Ki-moon

Solopos.com, NEW YORK--Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, Jumat (9/8/2013) waktu setempat, mengimbau dialog di tengah meningkatnya ketegangan antara pendukung Mohamed Mursi dan pemerintah sementara.

Advertisement

Ban mengatakan dirinya sangat prihatin terkait jalan buntu dalam politik Mesir. Hal tersebut diungkapkan juru bicaranya pada hari libur yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan.

Ban memuji keberanian dan komitmen masyarakat Mesir untuk mencapai perdamaian sejak unjuk rasa yang dimulai pada Januari 2011.

“Namun dalam ketegangan saat ini dan memberikan resiko potensi kekerasan, Sekjen juga percaya bahwa penting semua pihak di Mesir, para pemrotes dan pemegang otoritas, seharusnya mempertimbangkan kembali tindakan mereka dan komunikasi,” dalam pernyataan yang dibacakan.

Advertisement

Ribuan pendukung Moursi berpawai di Mesir pada Jumat, memicu bentrokan yang menyebabkan puluhan luka, Perdana Menteri sementara Hazem el-Bablawi mengatakan bahwa tindakan keras kepada aksi protes tersebut semakin dekat.

Ban mendesak masyarakat Mesir menghindari tindakan dan perkataan provokatif. Ban mengatakan mereka seharusnya berusaka untuk melihat secara kreatif pada sebuah pendekatan baru untuk menuju proses politik yang inklusif dam berakar dalam rekonsiliasi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif