News
Rabu, 22 Juli 2009 - 10:09 WIB

KPU mulai lakukan rekapitulasi nasional perolehan suara Pilpres

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Rabu (22/7), melaksanakan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu presiden dan wakil presiden (pilpres) 2009 tingkat nasional.

Pembukaan rapat pleno rekapitulasi dijadwalkan pada pukul 08.30 WIB, dipimpin oleh Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary dan dihadiri oleh seluruh anggota KPU, KPU provinsi, saksi, dan pengawas.

Advertisement

Rekapitulasi ini berlangsung di ruang sidang utama Gedung KPU, lantai dua yang sejak kemarin telah dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Rapat pleno rekapitulasi ini dilaksanakan tertutup. Hanya pihak-pihak tertentu yang diperkenankan mengikuti rekapitulasi yakni saksi dari setiap pasangan capres dan cawapres, Badan Pengawas Pemilu, dan KPU provinsi.

Meski tertutup, KPU menyediakan akses bagi pihak lainnya untuk dapat menyaksikan proses rekapitulasi melalui layar yang telah disediakan di luar ruang sidang.

Advertisement

Sebelumnya, anggota KPU Andi Nurpati mengatakan teknis pelaksanaan rekapitulasi untuk pilpres ini tidak berbeda dengan pemilu legislatif lalu.

Setiap KPU provinsi akan menyampaikan berita acara hasil rekapitulasi tingkat provinsi yang kemudian dibahas. Apabila tidak ada keberatan dari saksi maupun pengawas, maka hasil rekapitulasi tersebut dapat langsung disahkan.

Jika terdapat saksi maupun pengawas yang menyatakan keberatan karena menemukan kejanggalan, maka KPU membuka forum penjelasan dan tidak menutup kemungkinan dilakukan perbaikan.

Advertisement

“Kita memberikan kesempatan untuk membuka file hasil rekapitulasi hingga di kabupaten/kota saja, tetapi tidak untuk kecamatan,” katanya.

Proses rekapitulasi perolehan suara secara nasional ini akan dilaksanakan selama tiga hari mulai Rabu, 22 Juli hingga Jumat 24 Juli 2009.

Selanjutnya, KPU menjadwalkan untuk menetapkan hasil pilpres pada Sabtu, 25 Juli 2009.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : KPU News Pilpres Rekap
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif