News
Rabu, 11 Februari 2015 - 21:30 WIB

KPK VS POLRI : Polri Bantah Ancam Penyidik KPK

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aksi Koalisi Rakyat Tidak Jelas di Jogja, Minggu (8/2/2015). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

KPK vs Polri naik tensinya dengan munculnya kabar adanya teror terhadap penyidik KPK dan Biro Hukum KPK.

Solopos.com, JAKARTA — Polri membantah telah mengirimkan ancaman melalui pesan singkat kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangani kasus Komjen Pol. Budi Gunawan. Pernyataan ini menyusul teror yang diterima penyidik KPK dan Biro Hukum KPK.

Advertisement

Wakapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti, mengatakan ancaman melalui pesan singkat kepada penyidik KPK belum tentu berasal dari anggota Polri, karena polemik yang terjadi di antara kedua lembaga penegak hukum itu dapat dimanfaatkan pihak lain untuk mengambil keuntungan.

“Saya sudah tanya Kabareskrim [Kepala Badan Reserse dan Kriminal], ternyata ancaman itu bukan dari kedua belah pihak,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Badrodin Haiti menuturkan selama ini anggotanya juga kerap menerima teror berupa upaya membuntuti penyidik yang menangani kasus tertentu. Untuk itu dia meminta penyidik KPK mengabaikan teror tersebut, dan menganggapnya sebagai perbuatan pihak yang tidak bertanggungjawab.

Advertisement

Menurutnya, Mabes Polri siap memberikan penjagaan khusus kepada penyidik KPK agar tidak lagi mendapatkan ancaman. Sayangnya, hingga kini belum ada penyidik yang mengajukan permintaan untuk mendapatkan pengawalan. “Belum ada [permintaan]. Kalau ada yang meminta, pasti akan kami bantu,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengakui kemungkinan adanya ketidakseimbangan di Bareskrim Polri saat menangani kasus pimpinan KPK. Penyidik harus fokus menangani kasus tersebut sehingga penyelesaian kasus lain dapat terhambat dan memakan waktu lebih lama.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif