News
Jumat, 13 Februari 2015 - 09:30 WIB

KPK VS POLRI : KY: Hakim Sarpin Harus Dilindungi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aksi teatrikal Budi Gunawan rantai pimpinan KPK, Senin (2/2/2015). (JIBI/Bisnis/Nurul Hidayat)

KPK vs Polri masih panas. Komisi Yudisial menyatakan hakim Sarpin Rizaldi yang memimpin sidang praperadilan Budi Gunawan harus dilindungi.

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Yudisial (KY) menyatakan Hakim Sarpin Rizaldi selaku hakim tunggal yang memimpin sidang praperadilan Budi Gunawan kepada KPK harus dilindungi.

Advertisement

“Hakim ini harus dilindungi dari ancaman teror maupun intimidasi dari luar yang dapat mengintervensi putusan hakim,” ujar Komisioner Komisi Yudisial Taufiqurrahman Syahuri di Jakarta, Kamis (12/2/2015).

KY dan Tim 9 memutuskan untuk memberi pengamanan terhadap Hakim Sarpin mengingat banyaknya teror bermunculan yang mengancam sejumlah pihak terkait dengan perkara antara KPK dan Polri tersebut.

Taufiqurrahman menyebutkan perlindungan dan pengamanan tersebut dilakukan oleh KY sesuai dengan Undang Undang Konstitusi yang memberikan kewenangan kepada KY untuk menjaga keluhuran dan martabat hakim.

Advertisement

“Kalau hakim dilecehkan dan diancam melalui teror, tentu itu akan menjatuhkan martabat hakim itu sendiri,” ujar dia.

Dalam Undang Undang Konstitusi, Taufiqurrahman menjelaskan KY boleh mengambil langkah hukum atau langkah lain dalam rangka menjaga martabat dan keluhuran hakim.

“Nah perlindungan dan penjagaan ini merupakan salah satu langkah lain itu, jadi hakim tidak parsial akibat ancaman atau intimidasi,” kata Taufiqurrahman.

Advertisement

Selain itu KY perlindungan dan pengamanan ini dilakukan oleh KY untuk menjaga sidang praperadilan, di mana hakim yang memimpin tidak boleh bersikap parsial.

“Pak Sarpin haruslah bermental baja supaya tidak terintervensi. Kalau dia sampai terinvensi itu juga melanggar perilaku hakim,” pungkas Taufiqurrahman.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif