News
Jumat, 17 Februari 2023 - 04:31 WIB

KPK Segera Putuskan Status Kasus Formula E Dilanjutkan atau Tidak

Newswire  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap Formula Nyck de Vries melakukan aksi drifting di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (2/6/2022). (Instagram @aniesbaswedan)

Solopos.com, JAKARTA Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan jajaran pimpinan KPK sepakat untuk segera menentukan status kasus ajang balap Formula E.

Kesepakatan tersebut telah dibahas dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Triwulan IV 2022 antara Dewas dan Pimpinan KPK.

Advertisement

Salah satu poin pembahasannya adalah apakah kasus tersebut layak ditingkatkan ke tahap penyidikan.

Seperti diketahui, ajang balap Formula E yang pendanaannya dipermasalahkan itu terjadi di era Gubernur DKI Anies Baswedan.

“Telah disepakati agar penyelesaian dan kejelasan status kasus Formula E secepatnya diputuskan oleh pimpinan KPK,” kata Ketua Dewas KPK Tumpak H. Panggabean dalam keterangan tertulis, Kamis (17/2/2023).

Advertisement

Artinya, kata Tumpak, jika ditemukan cukup bukti dugaan tindak pidana korupsi kasus Formula E segera dinaikkan statusnya dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan.

Demikian pula sebaliknya, jika tidak ditemukan cukup bukti maka kasusnya akan dihentikan untuk selamanya.

Tumpak membenarkan soal adanya laporan terhadap Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto dan Direktur Penyelidikan KPK Endar Priantoro.

Advertisement

Laporan tersebut berisi terkait dugaan ketidakprofesionalan dan pelanggaran prosedur oleh Deputi Penindakan dan Direktur Penyelidikan dalam penanganan kasus Formula E.

Terkait hal itu, Tumpak mengungkapkan yang sebenarnya terjadi adalah adanya perbedaan pendapat dalam penanganan kasus Formula E.

“Dewas berpandangan bahwa dalam sebuah ekspose atau penanganan perkara, terjadinya perbedaan pendapat adalah sesuatu yang lazim. Perbedaan itu suatu khasanah dan pelengkap sudut pandang untuk selanjutnya dapat diambil keputusan,” pungkasnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif