News
Rabu, 29 Januari 2020 - 19:23 WIB

Korban Virus Corona Bisa Sembuh Tanpa Vaksin, Ini Kuncinya

Mia Chitra Dinisari  /  Bisnis  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Staf medis merawat pasien yang terjangkit virus Corona, di Central Hospital di Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020) menurut foto yang diunggah di media sosial. (Antara/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA -- Sekitar lebih dari 5.000 orang terinfeksi virus Corona baru (2019-nCoV) dan sebanyak 132 orang di antaranya meninggal dunia hingga Rabu (29/1/2020). Namun berdasarkan data tersebut, lebih dari 63 orang yang dinyatakan sembuh dari virus tersebut.

Dekan Fakultas Kedokteran UI Prof Ari Fahrial Syam mengatakan kesembuhan tersebut bisa terjadi karena pasien yang terinfeksi virus corona seperti juga pada pasien terinfeksi DHF akan sembuh dengan sendirinya. Syaratnya, pasien jangan sampai terkena komplikasi.

Advertisement

Menurutnya, kunci pengobatan adalah mempertahankan daya tahan tubuh sehingga virus tidak berkembang dan hilang dari dalam tubuh manusia. "Seperti juga virus influenza, kita tidak berikan anti virus, [hanya] istirahat cukup akan sembuh," ujarnya.

Ari juga memberikan tips bagi masyarakat yang akan berkunjung atau transit di China agar terbebas dari ancaman penularan virus tersebut.

Advertisement

Ari juga memberikan tips bagi masyarakat yang akan berkunjung atau transit di China agar terbebas dari ancaman penularan virus tersebut.

Mengaku Disiksa Polisi, Luthfi Terancam Diperkarakan Lagi

Berikut tips mencegah virus Corona:

Advertisement

Termasuk mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Harus dipastikan bahwa kita selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang higienis. Diusahakan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan fresh.

Menghindari makanan dan minuman  yang manis, gorengan, dan minuman yang dingin yang bisa merangsang iritasi tenggorokan.

2. Memakai masker saat berada di keramaian

Advertisement

Selama berada di China, terutama jika sedang berada di kerumunan, sebaiknya selalu menggunakan masker. Masker N95 sangat dianjurkan karena itu untuk orang sehat dan bertujuan mencegah terhirupnya virus dan partikel halus.

3. Selalu mencuci tangan dengan sabun

Cuci tangan dengan sabun atau antiseptik cair, baik sebelum dan sesudah makan maupun setelah kontak dengan sesuatu yang juga disentuh oleh orang lain.

Advertisement

4. Usahakan tetap tidur cukup

Tidurlah minimal 6 jam dalam 24 jam selama berada di China.

Jika Benar Senjata Biologi China, Virus Corona Tak Bisa Masuk Indonesia?

5. Jika demam dan batuk segera mencari pertolongan dokter

Segera konsultasi ke dokter jika mengalami demam dan batuk. Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif