News
Selasa, 13 Desember 2022 - 16:01 WIB

Kontroversi Letkol Tituler Deddy Corbuzier, DPR: Tidak Masalah tapi Jelaskan

Surya Dua Artha Simanjuntak  /  Sri Sumi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan sertifikat Letkol Tituler TNI AD kepada Deddy Corbuzier (Instagram @mastercorbuzier)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi I DPR mengaku kaget dengan pemberian pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler TNI AD kepada Deddy Corbuzier.

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, mengatakan pihak TNI belum memberitahukan Komisi I DPR terkait informasi tersebut. Padahal, TNI merupakan mitra Komisi I.

Advertisement

“Saya juga kaget, jujur kaget, karena belum dikomunikasikan ke Komisi I,” ujar Meutya kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Dia mengatakan tidak ada yang salah dengan pemberian pangkat Letkol Tituler ke Deddy Corbuzier. Namun, Meutya meminta agar TNI menjelaskan maksud pemberian pangkat itu. Apalagi, lanjutnya, Deddy Corbuzier belum pernah mengabdi sebagai anggota TNI.

“Memang tidak ada masalah, silakan saja. Tapi kepada publik perlu dijelaskan supaya kontroversinya tidak panjang seperti sekarang,” jelas politisi Partai Golkar tersebut.

Advertisement

Baca Juga : Letkol Tituler Deddy Corbuzier, Pengamat: Ada Tugas & Konsekuensi di Depan Mata

Meutya menilai masih banyak masyarakat yang awam tentang pemberian pangkat Letkol Tituler seperti yang diterima Deddy Corbuzier. Oleh sebab itu, menurutnya, perlu penjelasan lebih lanjut mengenai tujuan dan tugas orang yang menerima pangkat tersebut.

“Harus dikomunikasikan ke publik apa tugasnya sebagai perantara komunikasi ke publik. Kami juga belum tahu,” ucapnya.

Advertisement

Dia menyarankan pemberian pangkat Letkol Tituler tidak hanya dari kalangan selebritas saja, tetapi juga dari golongan profesi lain. Sebelumnya, Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan tak ada yang perlu dipermasalahkan dalam pemberian gelar pangkat Letkol Tituler TNI AD kepada YouTuber Deddy Corbuzier.

Pria yang baru saja disahkan menjadi panglima TNI itu menjelaskan pangkat tituler dapat diberikan kepada individu nonmiliter yang dinilai dapat memberikan kemajuan kepada TNI.

“Waktu saya taruna itu ada yang ngajar saya mayor. Itu tituler karena dia memiliki kemampuan tadi yang tidak dimiliki oleh angkatan laut waktu itu,” jelas Yudo kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Selasa (13/12/2022).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul DPR Kaget Deddy Corbuzier Diberi Pangkat Letkol Tituler: Kok Tak Ada Komunikasi?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif