News
Jumat, 17 Agustus 2012 - 17:10 WIB

KONSUMSI BBM LEBARAN: Pertamina Tambah Stok 30%

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi SPBU (JIBI/Bisnis/Nurul Hidayat)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

SEMARANG – Pertamina Regional IV Jateng dan DIY menambah stok bahan bakar minyak (BBM) sebesar 30%, guna mengantisipasi lonjakan pemakaian premium pada Lebaran 2012.
Advertisement

General Manager Fuel Retail Marketing Pertamina Reginal IV Jateng dan DIY, Rifky Effendi Hardijanto, mengatakan stok BBM untuk Lebaran disiapkan 369.433 kilo liter. “Dibandingkan stok Lebaran tahun 2011, sebanyak 338.324 kilo liter, tahun ini ada kenaikan 30%,” katanya. Lebih lanjut Rifky yang didampingi Assistant Manager External Relation Pemasaran BBM Retail Region IV, Heppy Wulansari, menyatakan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tak perlu khawatir kehabisan premium di jalan.

“Stok BBM premium mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama arus mudik dan arus balik Lebaran,” tandasnya. Dia memperkirakan pada arus mudik dan balik Lebaran akan terjadi peningkatan konsumi BBM premium 70% dibandingkan hari biasa. “Bila hari biasa rata-rata konsumsi premium 9.000 kilo liter, pada Lebaran ini meningkat menjadi 16.000 kilo liter atau naik 70%,” ungkap Rifky.

Untuk melayani pemudik, ujar dia, Pertamina telah menginstruksikan kepada SPBU di jalur utama mudik Lebaran untuk buka selama 24 jam. Di samping itu juga telah menyiapkan sebanyak 331 armada mobil tangki keliling dengan kapasitas 6.125 kilo liter. Dengan adanya mobil tanki keliling ini, bila terjadi kemacetan arus lalu lintas bisa melayani pasokan BBM di SPBU terdekat. “Bila ada SPBU terdekat kehabisan premium bisa dipasok melalui mobil tanki BBM keliling,” tandasnya.

Advertisement

Untuk konsumsi BBM pertamax, Rifky memprediksikan akan naik 150% atau 6.487 kilo liter dan pertamax plus naik 100% atau 797 kiloliter. “Sedang untuk solar pada saat Lebaran justru turun dari 10% atau 5.000 kilo liter dibandingkan hari biasa 5.300 kilo liter,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif