News
Kamis, 3 November 2011 - 14:47 WIB

Konsultan nasional bentuk Indonesia Consultants Society

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com) – Para konsultan nasional dari berbagai bidang membentuk Indonesia Consultants Society sebagai kelompok profesional berbagai bidang yang menjadi referensi dan mampu memberikan solusi serta edukasi terhadap berbagai isu di tengah masyarakat.

“ICS dibentuk sebagai wadah perjuangan komunitas konsultan nasional,” kata Ketua Umum ICS Ontoseno Soekotjo pada peresmian pendirian ICS di Jakarta, Kamis (3/11/2011). Peresmian pendirian ICS ditandai dengan pembacaan deklarasi dan penandatanganan deklarasi oleh pemrakarsanya yaitu Prof Dr Ir Wiratman Wangsadinata. Peresmian pendirian ICS juga dibarengi dengan syukuran penganugerahan Satya Lencana WIra Karya dan perekayasa utama kehormatan kepada Prof Wiratman Wangsadinata.

Advertisement

Selain betujuan sebagai wadah perjuangan komunitas konsultan, ICS juga bertujuan ikut mewujudkan iklim usaha yang sehat melalui peran mediasi dan advokasi terkait dengan penyusunan kebijakan pemerintah. Di samping itu, juga membentuk jejaring kerja sama antara konsultan, para profesional dan para pemangku kepentingan sehingga dapat ikut mewujudkan tata kelola pembangunan yang baik dan pertanggung jawab. Serta meningkatkan citra dan nilai-nilai berbasiskan hati nurani dari konsultan nasional.

“Banyak cerita-cerita tentang sering rusaknya jalan rusak dan kegagalan kontruksi, tidak berkembangnya industri barang modal nasional. Boleh jadi masyarakat justru bisa menjadi bagian dari solusinya,” kata Ontoseno. Pemikiran itu melandasi berkumpulnya sekelompok profesional yang peduli pada perbaikan yang harus dilakukan di semua sektor di Indonesia yang terdiri atas para praktisi yang sehari-hari terlibat dalam menjalankan profesinya masing-masing.

Lebih lanjut ia mengatakan, ICS siap menjadi mitra bagi siapa saja yang mempunyai semangat serta nilai-nilai yang sejalan baik dari kalangan pemerintah, perguruan tinggi, masyarakat profesi di bidang apapun untuk bersama-sama memperbaiki bangsa. “Saya bermimpi ICS bisa berdialog dengan perguruan tinggi, apa yang diharapkan masyarakat dan industri dari perguruan tinggi,” tambah Ontoseno.

Advertisement

Beberapa program untuk mencapai tujuan ICS di antaranya diskusi dan seminar untuk suatu topik tertentu, penyebaran informasi, pendapat maupun pandangan atas sesuatu isu yang berkembang, edukasi masyarakat, memberikan masukan kepada pemerintah untuk kebijakan yang berimbang dan turut berupaya membangun budaya kerja yang bersih, jujur dilandasi moral serta etika yang luhur.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif