News
Jumat, 17 April 2015 - 22:45 WIB

KONFERENSI ASIA AFRIKA : Wapres Jamin Keamanan AACC Indonesia 2015

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Personel TNI berlatih mengamankan tamu negara di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (17/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Prasetyo Utomo)

Konferensi Asia Afrika diperingati di Bandung dan Jakarta, keamanannya dijamin TNI dan Polri.

Madiunpos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan pemerintah telah siap menggelar Asian African Confrence Commemoration (AACC) Indonesia 2015 atau Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Indonesia 2015 di Bandung dan Jakarta, Minggu-Rabu (19-22/4/2015). Termasuk, tegasnya, pengamanannya.

Advertisement

Kalla menyebutkan Polri dan TNI tak gentar dengan ancaman keamanan yang terjadi menjelang peringatan 60 tahun pertemuan perdana negara-negara di benua Asia dan Afrika tersebut. Menurut dia, pemerintah telah menyiapkan pengamanan para tamu negara dalam event sejagat itu dengan matang.

“Kepolisian dan TNI akan siap. Di mana pun di dunia ini selalu ada ancaman. Bukan hanya di sini, yang penting kan kesiapan aparat kita, saya kira sangat siap,” ujarnya di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Saat ini, lanjut dia, pemerintah merapikan substansi, pelayanan, dan teknis penyelenggaraan KAA. Rencananya, Wapres akan meninjau proses persiapan dan gladi bersih, Sabtu (18/4/2015) pagi. Dia juga mengatakan anggaran untuk acara tersebut sudah cair seluruhnya.

Advertisement

Pemerintah diakuinya berupaya melakukan penghematan terhadap anggaran tersebut. Sebelumnya, Anggota Komisi V DPR yang membidangi perhubungan, M. Nizar Zahro, meminta otoritas bandara se-Indonesia meningkatkan sistem keamanan pascateror bom terhadap pesawat Batik Air rute Ambon-Jakarta, Jumat (17/4/2015) pagi. Ancaman tersebut seharusnya dijadikan peringatan dini terhadap gelaran AACC Indonesia 2015 itu.

Sejauh ini, Kementerian Luar Negeri memastikan 77 negara sudah mengonfirmasi kehadiran wakil mereka dalam hajatan besar tersebut. AACC Indonesia 2015 diharapkan menghasilkan tiga dokumen, antara lain Bandung Message, Deklarasi Penguatan Kemitraan Strategis Asia Afrika, dan Deklarasi Mendukung Kemerdekaan Palestina.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif