News
Rabu, 15 April 2015 - 11:15 WIB

KONFERENSI ASIA AFRIKA : Polri Alihkan Arus dan Buka Tutup Jalan saat KAA

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Badrodin Haiti (JIBI/Solopos/Antara/dok)

Konferensi Asia Afrika digelar di Jakarta dan Bandung. Polri akan mengalihkan arus dan membuka tutup jalan saat KAA berlangsung.

Solopos.com, JAKARTA – Polri akan memberlakukan pengalihan arus dan buka tutup jalan saat Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika ke-60 berlangsung di Jakarta dan Bandung.

Advertisement

Wakapolri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti mengatakan untuk Jakarta karena banyak pembangunan jalan maka pihaknya mengatur lalu lintas dengan buka tutup jalan.

“Di Bandung, ada pengalihan arus,” katanya seusai menghadiri apel gelar pasukan Satuan Tugas Pengamanan VVIP Konferensi Asia Afrika di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2015).

Wakapolri tidak menyebutkan titik mana saja yang akan terkena arus lalu lintas itu. Menurut Badrodin hal itu dinamis tergantung situasi di lapangan nanti.

Advertisement

“Nanti kita lihat seberapa besar kemacetan, itu dinamis bisa tidak bisa ditentukan sekarang,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan semua pihak telah menyiapkan pengamanan baik TNI maupun Polri, sesuai dengan porsinya masing-masing.

Moeldoko mengatakan pengamanan diharapkan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para delegasi yang datang ke konferensi.

Advertisement

“Sehingga masyarakat yang tak terlibat langsung dapat menjalankan kehidupan dengan nyaman,” kata dia.

Karena itu, Moeldoko meminta masyarakat memaklumi bila dalam pengamanan konferensi terdapat beberapa gangguan seperti pengaturan arus lalu lintas dan lainnya.

“Masyarakat Indonesia, kami semua memohon untuk memberikan partisipasi keamanan kepada tamu negara. Agar ketika kembali ke negara, cerita tentang Indonesia luar biasa,” kata dia.

Dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika, kata Moeldoko, TNI dan Polri menyiapkan sekitar 26.000 personel dari berbagai satuan. Selain itu, TNI juga menyiapkan pesawat tempur dan kapal perang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif