News
Kamis, 3 September 2015 - 13:55 WIB

KOMISI YUDISIAL : Jokowi Umumkan 7 Nama Calon Anggota KY

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gedung Komisi Yudisial (KY). (Detik.com)

Seleksi Komisi Yudisial telah diumumkan hasilnya yakni 7 nama calon KY.

Solopos.com, JAKARTA — Tujuh orang telah dinyatakan lolos proses seleksi dan penelusuran rekam jejak oleh panitia seleksi anggota Komisi Yudisial (KY).

Advertisement

Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan tujuh nama calon anggota KY yang mewakili empat kelompok untuk diberikan kepada DPR.

“Hasil dari panitia seleksi ini akan saya sampaikan kepada DPR secepat-cepatnya,” katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Dia mengatakan tujuh nama calon anggota KY yang diterimanya dari panitia seleksi akan diusulkan sebagai Komisioner periode 2015-2020.

Advertisement

Adapun ketujuh nama yang akan diusulkan menjadi Komisioner KY adalah Joko Samito dan Maradaman Harahap yang mewakili unsur mantan hakim, Farid Wajdi dan Sumartoyo mewakili unsur praktisi hukum, Wiwiek Awiati dan Harjono mewakili akademisi hukum, dan Sukma Violetta dari unsur masyarakat.

Untuk diketahui, Joko Samito merupakan hakim pengadilan militer dan sempat menjadi Wakil Kepala Pengadilan Militer II-08 Jakarta.

Sementara Maradaman Harahap pernah menjadi Wakil Ketua PTA Semarang.

Advertisement

Kemudian Farid Wajdi dan Sumartoyo hingga kini masih berprofesi sebagai advokat, Wiwiek Awiati menjadi Penasihat Tim Peradilan MA, Harjono pernah menjabat sebagai Hakim Konstitusi, dan Sukma Violetta masih tercatat sebagai Tim Asistensi Reformasi Kejaksaan.

Panitia seleksi sendiri melakukan lima tahapan proses seleksi, yaitu seleksi administrasi, tes objektif dan pembuatan makalah, profile assessment, penelusuran rekam jejak, dan tes kesehatan, serta wawancara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif