News
Rabu, 15 September 2010 - 17:16 WIB

Komisi III : Proyek di Salatiga sarat kepentingan

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Salatiga (Espos)--Komisi III DPRD Kota Salatiga mensinyalir pelaksanaan lelang sejumlah proyek di Kota Salatiga kental dengan nuansa kepentingan kelompok tertentu. Dampaknya, sejumlah pejabat pengguna anggaran cenderung mengikuti kepentingan kelompok tertentu karena enggan mengambil risiko dengan jabatannya.

Ketua Komisi III, Agus Setiyono, mengakui jika pelaksanaan lelang proyek, baik dengan pagu anggaran kecil hingga besar tak luput dari titipan dari tokoh yang memiliki pengaruh di pemerintahan Kota Salatiga. Dampaknya, proses lelang berjalan tidak fair dan umumnya pelaksanaan proyek menyimpang dari perencanaan.

Advertisement

Politisi dari Golkar ini bahkan berani menyatakan bahwa proyek-proyek penunjukan langsung (PL) yang nilainya di bawah Rp 50 juta sekitar 80 persen menyimpang dari bestek.

“Hampir semua proyek PL bermasalah. Seperti tidak sesuai gambar, pondasi yang seharusnya ketebalannya 30 sentimeter dibuat hanya 20 sentimeter kemudian ukuran saluran air yang tidak sesuai perencanaan,” ungkapnya, ketika ditemui Espos di gedungan Dewan, Rabu (15/9).

Hal senada diungkapkan anggota Komisi III lainnya, Suniprat. Ia berpendapat ada kecenderungan dari eksekutif dalam merencanakan sebuah proyek tidak dilakukan secara komprehensif. Kondisi ini akhirnya memunculkan adanya proyek-proyek selanjutnya yang terkait dengan proyek sebelumnya.

Advertisement

“Kesannya hanya kepentingan mencari proyek, bukan kepentingan masyarakat yang didahulukan,” ketus politisi PDIP ini.

kha

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif