News
Jumat, 6 Januari 2023 - 19:37 WIB

Kisah Viral Tiko: Suami Eny Sukaesih, Muji Susanto Meninggal Tahun 2015

Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Almarhum Muji Susanto (kanan) dan Eny Sukaesih serta Tiko ketika masih kecil. (Youtube Bang Brew TV)

Solopos.com, JAKARTA – Seorang perempuan bernama Uri Muji Astuti tampil ke publik dan memberikan bantahan terkait kisah viral Eny Sukaesih, ODGJ penghuni rumah mewah terbengkalai di Jatinegara, Jakarta Timur.

Uri Muji Astuti mengaku sebagai anak pertama dari istri pertama dari Herman Muji Susanto, suami Eny Sukaesih.

Advertisement

Menurut Uri Muji Astuti, ayahnya yang juga ayah Tiko sudah meninggal dunia pada 18 Juli 2015 di Madiun, Jawa Timur.

Muji Astuti menghubungi Pratiwi Noviyanthi, salah satu aktivis sosial yang turut membantu membawa Eny Sukaesih ke rumah sakit untuk diobati.

Advertisement

Muji Astuti menghubungi Pratiwi Noviyanthi, salah satu aktivis sosial yang turut membantu membawa Eny Sukaesih ke rumah sakit untuk diobati.

“Ini perlu digarisbawahi bahwa ayah saya bukan pergi dari rumah tapi diusir oleh Bu Eny,” ujar Muji Astuti, seperti dikutip Solopos.com dari kanal Youtube Prastiwi Noviyanthi, Jumat (6/1/2023).

Perempuan yang mengaku berasal dari Madiun itu tampil ke publik untuk memberikan klarifikasi terkait kisah viral Tiko yang merawat ibunya di rumah mewah terbengkalai tanpa air dan listrik selama belasan tahun.

Advertisement

Seolah-olah, kata dia, ayahnya tergambarkan sebagai pribadi tak bertanggung jawab yang meninggalkan anak dan istrinya.

“Ini tujuan saya muncul, agar nama baik ayah saya dikembalikan. Pernyataan Tiko ke banyak media itu membuat nama baik ayah saya tercemar, seolah-olah ayah saya tidak bertanggung jawab. Padahal kejadiannya tidak seperti itu,” tandas Muji.

Muji menceritakan, ayahya tiga kali menikah. Ibunya yang tinggal di Madiun adalah istri pertama sedangkan Eny Sukaesih adalah istri ketiga.

Advertisement

“Jadi Ibu Eny ini istri ketiga sebenarnya. Dengan ibu saya ada dua anak, dari istri kedua tidak ada anak,” katanya.

Dikatakan Muji Astuti, sejak tahun 2006 ayahnya yang kala itu tinggal bersama Eny Sukaesih di rumah mereka di Jatinegara, Jakarta Timur sudah sakit-sakitan.

Pada tahun itu, keluarga besar ayahnya di Madiun sempat menjenguk Muji Susanto di rumah mewahnya tersebut.

Advertisement

Namun, klaim dia, tanggapan Eny Sukaesih tidak baik sehingga akhirnya mereka pulang kembali ke Madiun.

“Saat itu saya melihat ayah saya yang sakit-sakitan kok tidak diurus dengan baik. Saat itu kami tanyakan Ibu Eny langsung marah-marah. Jadi kalau marah-marah itu sudah dari dulu begitu,” katanya.

Karena tidak diurus Eny itulah, tuding dia, ayahnya Muji Susanto pada tahun 2010 akhirnya pergi dari rumah tersebut lantaran diusir.

Kisah hidup Tiko dan ibunya hidup di rumah mewah tanpa aliran listrik viral di media sosial. (tangkapan layar Youtube Bang Brew TV)

Perihal ayahnya yang sakit-sakitan juga diungkapkan Tiko di kanal Youtube Bang Brew TV. Tiko yang kala itu masih kecil mengingat ayahnya sering kesakitan di malam hari.

Menurut Tiko, ibunya selalu merawat ayahnya tersebut.

“Kalau malam kayak kesakitan gitu badannya. Sering teriak-teriak kesakitan. Ibu yang merawat,” kata Tiko yang kini berusia 23 tahun.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif