News
Jumat, 3 Februari 2017 - 12:45 WIB

KISAH UNIK : Piknik ke Jogja, Bule Ini Cari Tumpangan ke Bandung

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ingin ke Bandung, bule cari tumpangan (Istimewa/Facebook)

Kisah unik ini tentang wisatawan dari luar negeri yang mencari tumpangan ke Bandung.

Solopos.com, SLEMAN – Kisah unik tentang wisatawan mancanegara terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berniat menuju Bandung dari Yogyakarta, bule yang tidak diketahui identitasnya itu mencari tumpangan di pinggir jalan.

Advertisement

Informasi mengenai bule mencari tumpangan itu diunggah oleh akun Cobra Bramantya di grup Facebook Info Cegatan Jogja (ICJ), Rabu (1/2/2017). Bule tersebut mencari tumpangan di Jl. Magelang Km 7,5, atau di sampang SPBU Mlati, Sleman, DIY.

“Lur, enek bule nyuwun tebengan, [lur, ada bule ingin menumpang] posisi sekarang di jalan Magelang Km 7.5 (samping pom bensin mlati) Menowo nak enek seng arah Bandung, suwun Lur, [Kalau ada yang mau ke arah Bandung, terimakasih lur tulis pengguna akun Cobra Bramantya.

Pengguna akun Cobra Bramantya juga mengunggah foto bule yang dia maksud. Bule tersebut menggunakan potongan kardus bertuliskan “Bandung, Saya Ikut!” untuk meminta tumpangan kepada pengendara. Tidak diketahui dari negara mana bule tersebut, ia mengenakan kaus dan celana pendek, serta membawa dua tas saat menanti tumpangan.

Advertisement

Informasi ini sontak mendapat komentar pro dan kontra dari netizen anggota grup Facebook ICJ. Ada komentar yang menganggap bule tersebut menumpang karena kehabisan uang atau tidak mau keluar uang. Namun ada juga yang menjelaskan tipe piknik yang dilakukan sehingga membuat si bule rela mencari tumpangan agar sampai ke tempat tujuan.

“Itu turis backpacker mas. Backpacker memang wisata dengan minim budget, tidak semata-mata semua bisa dinikmati dengan uang. Justru itu esensi dari wisata backpacker. Lebih mengedepankan interaksi sosial dengan warga setempat,” tulis akun Sugi Jankovic merespons netizen yang menganggap si bule tidak mau keluar uang.

“Ini namanya hitchiker, pergi ke tempat lain dengan menumpang kendaraan orang lain yang mau membantu. Baca aja banyak artikel tentang hitchhike. Bukannya dia ga modal, tapi emang caranya gitu kali,” tambah pengguna akun Rutni Lusi Andawati.

Advertisement

Selain komentar pro dan kontra tersebut, ada juga netizen yang berspekulasi kemungkinan bule tersebut seoorang Youtuber atau Blogger yang akan meliput perjalanan wisatanya. “Kadang backpacker kui blogger/youtuber/penulis. Beruntunglah tempat-tempat sing disinggahi biasane ditulis jur di share, terkenalah wisata-wisata lokal,” tulis pengguna akun Bowo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif