News
Sabtu, 18 Juni 2016 - 05:10 WIB

Kim Jong Un Dikabarkan Tewas Gara-Gara Bom Bunuh Diri

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kim Jong Un (Dok/JIBI/Solopos/Reuters)

Rumor mengejutkan disebarkan laman East Asia Tribune soal kematian Kim Jong Un.

Solopos.com, PYONGYANG – Kabar tak sedap menimpa pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Supreme Leader Republik Demokratik Korut itu kabarnya tewas dalam sebuah ledakan bom bunuh diri.

Advertisement

Laman East Asia Tribune memuat kabar mengejutkan yang menyebut Kim Jong Un tewas. Situs yang memuat berita dan rumor terhangat itu menulis judul North Korean Leader Kim Jong-un Dead After Apparent Suicide Attack. Laman ini mengabarkan bahwa Kim Jong-un meninggal dunia pada Kamis 16 Juni 2016 sekitar pukul 14.00 di Distrik  Potonggang, Pyongyang.

Tak ada konfirmasi dari pihak Korea Utara tentang kabar tersebut. Sementara, Kementerian Pertahanan Korea Selatan membantah informasi itu.

Advertisement

Tak ada konfirmasi dari pihak Korea Utara tentang kabar tersebut. Sementara, Kementerian Pertahanan Korea Selatan membantah informasi itu.

“Sejauh yang kami ketahui, kabar itu tidak benar,” kata juru bicara kementerian dalam konferensi pers, seperti dikutip dari Korea Times,  Jumat (17/6/2016).

“Aparat intelijen yakin, rumor tersebut memiliki kredibilitas yang rendah.”

Advertisement

Sementara itu, pejabat Kementerian Unifikasi mengatakan, kredibilitas media yang menyebarkan kabar tersebut, East Asia Tribune dipertanyakan.
Seperti dipantau oleh pihak Korsel, stasiun televisi Korut Korean Central TV (KCTV) sama sekali tak memberitakan kabar tersebut.

Meski kabar tersebut dibantah kebenarannya, pada Jumat pagi, hal itu sempat mempengaruhi pergerakan di pasar mata uang Seoul. Demikian dilaporkan media setempat, Financial News.

Nilai tukar won Kosel naik menjadi 1.178 won per dolar AS, sebelum ditutup pada angka 1.172,7 won.

Advertisement

Saham pertahanan juga naik sejenak pada hari Jumat namun setelah rumor dibantah, perdagangan kembali normal.

Kementerian Strategi dan Keuangan Korsel mengeluarkan peringatan, mendesak investor untuk berhati-hati terhadap rumor yang belum dikonfirmasi.

Pihak Korea Selatan menegaskan, jika Kim Jong Un sudah meninggal dunia, Seoul pasti akan memperoleh informasi tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif