News
Rabu, 12 April 2023 - 01:41 WIB

Ketum Haris Pratama Tegaskan KNPI di Barisan Anas Urbaningrum

Newswire  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua KNPI Haris Pertama mendampingi Anas Urbaningrum saat memberikan keterangan pers di Bandung, Jawa Barat, Selasa ( 11/4/2023). (ANTARA/HO-KNPI)

Solopos.com, BANDUNG — Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama menyatakan organisasinya siap berjuang bersama Anas Urbaningrum.

Sebagaimana diketahui, mantan Ketum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menghirup udara bebas setelah dipenjara selama sembilan tahun tiga bulan terkait kasus korupsi proyek Hambalang.

Advertisement

“Saya beserta kawan-kawan KNPI akan berjuang bersama bang Anas Urbaningrum,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Penegasan itu disampaikan Haris saat memberikan sambutan pada silaturahmi dan buka bersama Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Bandung, Jawa Barat.

Advertisement

Penegasan itu disampaikan Haris saat memberikan sambutan pada silaturahmi dan buka bersama Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Bandung, Jawa Barat.

Haris bersama ribuan aktivis pemuda dan HMI menyambut hangat Anas Urbaningrum.

Menurutnya, Anas adalah sosok abang, mentor, guru dan senior yang telah membentuk banyak kader HMI.

Advertisement

“Saya sangat yakin apa yang dialami oleh Bang Anas merupakan tindakan zalim dan penuh sarat muatan politisnya,” ujarnya.

Haris menyatakan, sejak awal telah terjadi keanehan proses hukum dan kriminalisasi atau persekusi politik dengan memperalat hukum terhadap seniornya tersebut.

Bahwa Anas Urbaningrum adalah korban kompetisi politik tidak ksatria dan tidak fair.

Advertisement

“Cakar kekuasaan dalam mengintervensi hukum untuk menjerat anak bangsa atas nama ambisi, kepentingan kelompok atau golongan, tidak boleh lagi terjadi di negeri ini. Pemuda akan melawan segala bentuk kriminalisasi, karena hukum harus jadi panglima keadilan,” tegasnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Haris pun turut berbahagia atas kebebasan Anas Urbaningrum.

Mereka yang tergabung dalam KNPI merasa ikut senang dengan bebasnya Anas, karena KNPI akan mendapatkan senior partner dalam berpikir, bergagasan dan bergerak.

Advertisement

Ketua Bidang Pemuda Majelis Nasional Korps Alumni HMI (MN KAHMI) itu berharap perjuangan kaum muda untuk tegaknya keadilan dan demokrasi pasca Anas bebas harus terus lanjut.

“Demokrasi harus diperjuangkan dengan cara yang fair dan sesuai dengan nilai Pancasila. Keadilan yes, kriminalisasi no!,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum sudah bebas dari penjara, Selasa (11/4/2023), atas kasus korupsi proyek Hambalang yang membelitnya.

Anas yang kini berada di Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dinilai kecil kemungkinan bergabung ke Koalisi Perubahan karena di sana ada Partai Demokrat.

Kecilnya peluang Anas Urbaningrum dan PKN bergabung ke Koalisi Perubahan disampaikan pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Ahmad Atang, Selasa.

“Melihat realitas yang ada, Anas dan PKN kecil kemungkinan akan berlabuh pada Koalisi Perubahan karena ada Partai Demokrat di situ, walaupun Anas dan Anies Baswedan sama-sama lahir dari rahim HMI,” kata Ahmad Atang, di Kupang, Selasa.

Dia mengemukakan pandangan itu berkaitan bebasnya Anas Urbaningrum dari penjara pada 11 April 2023 dan arah dukungan politik Anas beserta partai barunya PKN pada Pilpres 2024 mendatang.

Menurut dia, pilihan politik Anas dan PKN hanya ada pada koalisi besar yang sedang dibangun oleh Koalisi Indonesia Raya (KIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Namun apapun pilihan politik Anas tetap akan memberikan warna pada dinamika dan suhu politik menjelang pemilu dan pilpres 2024 mendatang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif