News
Jumat, 11 Maret 2016 - 09:15 WIB

KERJA SAMA BILATERAL : Indonesia-Malaysia Kerja Sama Bangun Desa di Perbatasan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (ist)

Kerja sama bilateral antara Indonesia-Malaysia salah satunya terwujud dalam bentuk pembangunan desa di perbatasan.

Solopos.com, JAKARTA—Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bekerja sama dengan Malaysia untuk mengembangkan pedesaan di kawasan perbatasan.

Advertisement

Marwan Jafar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, mengatakan pihaknya memiliki partner dengan tugas yang sama di Malaysia, yakni Menteri Kemajuan Luar Bandar dan Wilayah Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yakob.

Malaysia sendiri memiliki sekitar 16.000 desa dengan karakteristik yang unik, dimana kepala desa dipilih dan digajinoleh kementerian. Pelantikannya pun dilakukan seperti pelantikan kepala daerah setingkat gubernur.

“Kementerian Kemajuan Luar Bandar dan Wilayah Malaysia memiliki kesamaan wilayah tugas dengan kami, yaitu mengurusi desa,” katanya di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Advertisement

Marwan menuturkan pihaknya segera menindaklanjuti empat bidang kerja sama untuk memajukan desa dengan Malaysia. Kerja sama yang pertama adalah pengembangan desa di perbatasan, pariwisata, perkebunan, dan pertanian.

Penguatan sektor pertanian, menurut Marwan, akan menumbuhkan perekonomian di pedesaan, sehinhha kesejahteraan masyarakatnya meningkat.

Dia juga mengaku telah memiliki beberapa kesepakatan yang penting bagi kedua negara. Indonesia dan Malaysia akan fokus kepada pembangunan desa di kawasan perbatasan kedua negara.

Advertisement

“Kami juga akan membahas rencana pembukaan potensi perdagangan untuk komoditas perkebunan di kedua negara,” ujarnya.

Adapun kesepakatan berikutnya adalah pengembangan potensi pariwisata di desa, dan terakhir terkait pertanian yang fokus kepada upaya peningkatan wira usaha atau badan usaha milik desa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif