News
Kamis, 10 Januari 2013 - 18:52 WIB

Kecanduan Internet? Berkuda Saja!

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (theharbourmills.com)

Ilustrasi (theharbourmills.com)


Kecanduan internet ternyata sudah menjadi masalah besar juga di Korea Selatan. Survei resmi terakhir menunjukkan 680.000 anak berusia antara 10-19 tahun menghabiskan sebagian besar waktunya nongkrong di depan komputer. Selain sejumlah upaya seperti pembatasan jam operasi permainan online, ada cara lain yang dipandang ampuh untuk mengendalikan kecanduan internet yaitu kursus berkuda!
Advertisement

Joung Yoo-sook, dokter psikiatri anak di Samsung Medical Centre, menyebut latihan berkuda bisa memperbaiki masalah mental yang mengakibatkan seseorang kecanduan internet. “Naik kuda jadi pengalaman baru yang menggabungkan aktivitas fisik dengan hubungan emosional dengan kuda. Ini bisa membantu orang yang kecanduan internet sehingga kehilangan keterkaitan sosialnya,” terangnya.

Seorang remaja perempuan berusia 14 tahun yang hanya diidentifikasi sebagai Kim mengaku sebelumnya dia bisa lebih dari tujuh jam nongkrong di internet di luar aktivitas sekolahnya. Jika orangtuanya bepergian, dia bisa sampai pagi begadang di depan komputer. “Saya kini sangat menyayangi kuda dan selalu berpikir bagaimana cara agar bisa menungganginya dengan lebih baik. Ini membuat saya kehilangan selera terhadap komputer dan internet,” tuturnya. (bas/JIBI)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif