News
Selasa, 14 Juni 2016 - 17:07 WIB

KASUS PENCABULAN : Saipul Jamil Divonis 3 Tahun Penjara

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Saipul Jamil bersama pengacara. (JIBI/Detik)

Kasus pencabulan Saipul Jamil akhirnya sampai pada putusan hakim. Ipul divonis 3 tahun penjara.

Solopos.com, JAKARTA — Saipul Jamil divonis bersalah oleh majelis hakim dalam persidangan kasus pelecehan terhadap remaja pria. Ia pun dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Advertisement

Vonis tersebut dijatuhkan majelis Hakim Ketua Ifa Sudewi berdasarkan ketentuan Pasal 292 KUHP. Vonis itu jauh lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut tujuh tahun penjara.

“Menyatakan kesatu, terdakwa Saipul Jamil bersalah melakukan perbuatan cabul terhadap anak yang belum dewasa dengan jenis kelamin yang sama. Kedua, menjatuhkan pidana dengan pidana penjara tiga tahun. Masa tahanan selama ini akan dikurangkan dari pidana yang dijatuhkan. Terdakwa akan tetap ditahan,” ucap Ifa Sudewi, di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (14/6/2016).

Setelah vonis itu, Jaksa masih pikir-pikir untuk mengajukan banding. Begitu juga dengan pihak Ipul. “Baik berarti dari Jaksa masih pikir-pikir untuk vonis ini. Begitu pun juga dengan pihak terdakwa (Ipul) ya. Berarti vonis ini belum berkekuatan hukum tetap,” jelas Ifa.

Advertisement

Ipul dituding telah melakukan pelecehan saat remaja pria yang juga bekerja sebagai asistennya menginap di rumahnya di kawasan Kelapa Gading. Kejadian tersebut terjadi pada 18 Februari lalu yang ditangani Polsek Kelapa Gading.

Sebelum sidang, Ipul tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengungkapkan beberapa komentarnya kepada awak media. “Mungkin satu hal yang ingin saya sampaikan mudah-mudahan Yang Mulia memberi vonis seringan-ringannya dan seadil-adilnya. Walaupun sebagai manusia biasa, saya ingin kebebasan karena apa yang dituduhkan selama ini semuanya tidak benar,” kata Ipul, sebagaimana dilansir Detik.

Sidang yang dipimpin oleh Hakim Ifa Sudewi itu kemudian bertanya kepada Ipul. Apakah sang pedangdut menyesal? “Kalau dibilang menyesal sepertinya penyesalan itu ada. Tapi saya memiliki keyakinan ini sesuatu yang perlu saya jalani. Saya tak boleh menyerah dan harus berusaha meyakinkan Yang Mulia. Apapun keputusannya, saya ikhlas dan semoga yang terbaik,” ungkapnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif