News
Rabu, 8 April 2015 - 14:05 WIB

KASUS DANA HAJI : Hakim: Status Tersangka Bukan Objek Praperadilan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suryadharma Ali (JIBI/Solopos/Antara)

Kasus dana haji yang menyeret Suryadharma Ali menjadi tersangka jalan terus. Hakim tak bisa membatalkan status tersangka.

Solopos.com, JAKARTA –? Hakim praperadilan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Tatik Hadiyanti, menolak permohonan praperadilan yang diajukan tersangka mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA). Hakim menyatakan alasan yang sangat mendasar bagi bisa tidaknya status tersangka dipraperadilankan.

Advertisement

Salah satu alasan kuat penolakan permohonan praperadilan tersebut karena dalam Pasal 77 KUHAP tidak disebutkan penetapan tersangka masuk dalam objek praperadilan.

“Menurut pasal 77 juncto pasal 1 angka 10 KUHAP, maka sah tidaknya penyidikan dan penetapan tersangka bukan objek praperadilan?,” tutur hakim Tatik Hadiyanti di PN Jakarta Selatan, Rabu (8/4/2015).

Selain itu, hakim Tatik mengatakan dalam Pasal 82 KUHAP yang telah diperluas dari Pasal 77 KUHAP juga sudah dijelaskan penetapan status tersangka bukan kewenangan dari praperadilan. Karena itu, hakim Tatik dengan tegas menolak permohonan praperadilan SDA.

Advertisement

“Menimbang apabila berpedoman pada pasal 1 angka 10 KUHAP dan pasal 77 KUHAP dan diperluas pasal 82 KUHAP jelas bukan merupakan kewenangan praperadilan,” kata Tatik.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif