News
Kamis, 7 Januari 2016 - 18:45 WIB

KARTUN CHARLIE HEBDO : Karikatur “Tuhan” di Sampul Chalie Hebdo Bikin Vatikan Geram

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Chalie Hebdo (thewitherspoonlawgroup.com)

Kartun Charlie Hebdo yang memasang karikatur “Tuhan” di halaman depan membuat Vatikan geram.

Solopos.com, SOLO – Majalah satire Prancis, Charlie Hebdo, kembali membuat geger dunia. Kena kritik dan protes keras setelah memasang karikatur Nabi Muhammad tak membuat majalah tersebut kapok.

Advertisement

Menjelang peringatan terjadinya teror Prancis, Charlie Hebdo menerbitkan edisi khusus sebanyak 1 juta eksemplar. Di sampul depan, terpampang karikatur sosok berjanggut penuh amarah, dengan noda darah di tangan dan pakaiannya – sambil menyandang senapan.

1 an apres, l’assassin court toujour,” demikian tulis mereka di halaman muka yang didominasi warna hitam. Yang bisa diartikan, “setahun berlalu, namun pembunuh masih berkeliaran.”

Sosok dalam karikatur tersebut merepresentasikan Tuhan. Kali ini, Vatikan yang naik darah. Harian Vatikan, L’Osservatore Romano menyebut, Charlie Hebdo telah memanipulasi keyakinan.

Advertisement

“Di balik kedok bendera sekularisme tanpa kompromi, majalah Prancis sekali lagi lupa para pemimpin agama dari keyakinan yang berbeda, telah berulang kali menolak kekerasan atas nama agama,” demikian isi artikel media Vatikan, seperti dikutip Liputan6.com dari CNN, Kamis (7/1/2016).

Menyalahgunakan Tuhan untuk menjustifikasi kebencian adalah sebenar-benarnya penistaan agama,” itu yang berulang kali disampaikan Paus Fransiskus.

Vatikan menilai, Charlie Hebdo tak menghormati keyakinan umat beragama.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif