News
Kamis, 13 November 2014 - 16:00 WIB

KARTU SAKTI JOKOWI : Peluncuran KIS, KIP, dan KKS di Daerah Belum Jelas

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menunjukan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) saat peluncuran kartu tersebut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Pos Besar, Jakarta, Senin (3/11/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Fanny Octavianus)

Solopos.com, BALIKPAPAN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum dipastikan meluncurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Balikpapan. Baca: Pemprov Bali Bingung Kartus Sakti, Pemerintah Pusat Tak Beri Penjelasan.

“Sampai saat ini belum ada jadwalnya kapan akan diluncurkan di Balikpapan,” tutur Spesialis Komunikasi dan Hubungan Luar Sekretariat TNP2K Regi Wahono, Kamis (13/11/2014).

Advertisement

Meskipun begitu, Regi memastikan bahwa Balikpapan termasuk diantara 19 kabupaten/kota yang menjadi wilayah prioritas pembagian tahap awal dari ketiga kartu tersebut. Wilayah lain yang akan dibagikan antara lain Bekasi, Banyuwangi, Cirebon, Kupang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Pematang Siantar, Tegal, dan lain-lain.

Rencananya, pembagian tahap awal akan dilakukan di Kantor Pos Manggar, Balikpapan Timur. Namun, hingga kini belum ada kepastian kapan peluncurkan ketiga kartu tersebut akan dilaksanakan.

Lebih lanjut, Regi mengatakan nantinya ketiga kartu tersebut akan dibagikan secara bertahap mulai November hingga Desember kepada ratusan ribu penerima bantuan dalam program KIS, KIP, dan KKS.

Advertisement

Sebelumnya, Senin (3/11/2014), Presiden Jokowi membagikan secara simbolik tiga kartus saktinya, Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar, dan SIM card uang elektronik Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) kepada 600 kepala keluarga di DKI Jakarta. Dipublikasikan, tiga kartu sakti Jokowi itu bakal dibagikan kepada 15,5 juta rumah tangga sasaran.

Pada kenyataannya, publikasi dari Jakarta itu belum bakal segera terwujud di daerah, bahkan di Solo yang merupakan kampung halaman Jokowi. Kepala Kantor Pos Besar Solo, Achmad Fuad Kamali, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (4/11/2014), mengaku belum menerima instruksi apapun dari PT Pos Indonesia Kantor Divisi Regional (Divre) VI Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tentang pendistribusian KIS, KIP, dan KKS tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif