News
Senin, 24 Oktober 2022 - 09:50 WIB

Kapal Korut Terobos Batas Wilayah, Korsel Beri Tembakkan Peringatan

Aprianto Cahyo Nugroho  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bendera Korea Utara (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA—Angkatan Laut Korea Selatan meluncurkan tembakan peringatan ke kapal Korea Utara yang menerobos Garis Batas Utara (NLL) di Laut Kuning, Senin (24/10/2022). Dilansir dari Yonhap News, sebuah kapal komersial Korea Utara melintasi NLL yang merupakan garis batas de facto antara dua negara dekat pulau garis depan Baengnyeong pada pukul 3.42 waktu setempat.

Kepala Staf Gabungan (JCS) Korsel mengatakan kapal tersebut lalu mundur ke utara setelah militer Korsel mengeluarkan pesan peringatan dan melepaskan tembakan peringatan. Kapal-kapal Korsel kerap menerobos melewati NLL karena telah lama menuntut agar jalur itu dipindahkan lebih jauh ke selatan.

Advertisement

Namun militer Korut mengklaim sebuah kapal perang Korsel melanggar perbatasan laut barat sejauh 2,5 hingga 5 kilometer pada pukul 3.50 pagi. Tentara Rakyat Korea (KPA) menembakkan 10 tembakan peringatan terhadap kapal Korsel untuk menghalau.

Baca Juga Xi Jinping dan Putin Gelar KTT Bersama Pemimpin Asia

“Kami dengan tegas memperingatkan musuh yang melakukan provokasi maritim dengan menggunakan tembakan artileri dan pengeras suara lintas batas,” kata juru bicara Staf Umum KPA dalam sebuah pernyataan.

Advertisement

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kapal Korut Terobos Batas Wilayah, Korsel Beri Tembakkan Peringatan

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif