News
Rabu, 1 Februari 2012 - 10:11 WIB

KAPAL KARAM: Pencarian Korban Costa Concordia Dihentikan

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ROMA- Pencarian korban karamnya kapal pesiar Costa Concordia yang sudah dilakukan selama 17 hari, akhirnya dihentikan, Selasa (31/1/2012) waktu setempat. Kondisi di dalam kapal yang setengahnya sudah terendam itu sangat berbahaya bagi para penyelam.

“Kami menyimpulkan untuk menghentikan seluruh pencarian kapal di bawah air. Kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi,” kata Luca Cari, Juru Bicara Pemadam Kebakaran di Pulau Giglio seperti diberitakan AFP, Rabu (1/2/2012).

Advertisement

Badan perlindungan sipil yang telah mengawasi upaya penyelamatan sejak 13 Januari lalu, mengatakan mereka telah menghubungi kedutaan besar asing dan keluarga korban hilang terkait penghentian pencarian ini. Namun penyelamat akan terus memeriksa bagian atas kapal pesiar dengan menggunakan peralatan khusus untuk memeriksa mayat hingga 18 Km di sekitar area kecelakaan.

Pencarian korban beberapa kali sempat ditangguhkan mengingat kondisi laut yang berombak dan gerakan kecil dari rongsokan kapal, yang memicu kekhawatiran kapal besar itu bisa tenggelam. Penyelam telah menggambarkan kondisi rumit di dalam kapal, dengan koridor penuh dengan air dan keruh. Penyelaman juga dibatasi hingga maksimal 50 menit, sehingga sulit untuk menembus ke dalam kapal lebih jauh lagi.

Kapal pesiar Costa Concordia yang memiliki bobot 114.500 kandas setelah menabrak bebatuan di Pulau Giglio. Peristiwa tragis yang mengingatkan akan tragedi ‘Titanic’ itu terjadi saat para penumpang tengah mencicipi hidangan makan malam.

Advertisement

Kapal mewah itu mengangkut 4.200 penumpang. Tim penyelamat telah menemukan 17 mayat selama 17 hari pencarian dan 15 orang lainnya dinyatakan hilang. detikcom

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif