News
Rabu, 24 Mei 2023 - 21:45 WIB

Kantor Imigrasi Surakarta Bagi 6 Grup Layani Jemaah Haji, Bertugas 24 Jam

Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta melayani salah satu jemaah calon haji asal Grobogan, Jawa Tengah, di Embarkasi Solo, Selasa (23/5/2023) malam. (Istimewa/Imigrasi Surakarta)

Solopos.com, JAKARTA — Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta kembali bertugas sebagai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH)
Embarkasi Solo tahun 1444 H/2023 M.

Kepala Kantor Imigrasi Surakarta, Winarko, membagi para pegawainya menjadi 6 grup A-F yang bertugas dalam sif selama 24 jam di Embarkasi Asrama Haji Donohudan dan Bandara Internasional Adi Sumarmo.

Advertisement

Sif pertama sudah bertugas dalam pemberangkatan kloter pertama sebanyak 360 orang calon jemaah haji Kabupaten Grobogan pada Selasa (23/5/2023) pada pukul 22.30 WIB.

Dalam pemberangkatan yang dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Asrama Haji Donohudan ini, Unit B yang beranggotakan 10 orang bertugas melakukan peneraan cap dan pemindaian paspor, pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan, serta memastikan kecocokan dokumen dengan calon jemaah haji.

“Tahun ini karena kuota haji 100 persen maka setiap unit kami lengkapi dengan 10 orang personel di asrama haji dan 5 orang di bandara untuk memastikan pelayanan keimigrasian kepada 95 kloter berjalan lancar,” ujar Winarko.

Advertisement

Petugas Imigrasi di Bandara Adi Sumarmo bertugas di Tempat Pemeriksaan Keimigrasian (TPI) dan memeriksa kru pesawat serta di apron mengawasi proses masuk jemaah haji ke dalam pesawat.

Winarko menjelaskan, tugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta sebagai PPIH akan berlangsung pada periode 22 Mei-5 Agustus 2023.

Meskipun sebagian besar pegawai terlibat dalam tugas haji, Winarko memastikan pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Surakarta dan lokasi lokasi pelayanan paspor di Soloraya tidak akan terganggu.

Advertisement

“Tetap berjalan normal seperti biasanya,” tandas Winarko.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif