News
Jumat, 22 Maret 2024 - 19:29 WIB

Kaesang Legawa Suara PSI Keok & Gagal ke Senayan

Newswire  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bocoran Grace Natalie Soal Pertemuan Jokowi dengan Ketum PSI Kaesang di Bandung. Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024). (Istimewa/Doc PSI)

Solopos.com, SOLO — Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, mengaku tidak masalah jika partainya telah dinyatakan tidak lolos ambang batas parlemen sehingga para anggota legislatif gagal mendapatkan kursi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

“Saya sebagai ketua umum ya enggak masalah, ini namanya politik,” kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Advertisement

Dia mengatakan bahwa dalam politik, menang dan kalah merupakan hal yang biasa. Termasuk dia pun tidak masalah telah mengalami kekalahan walaupun partainya telah menggelontorkan banyak anggaran untuk berkampanye.

“Ini proses kita, proses kita menjadi jauh lebih dewasa, supaya menjadi lebih baik, santai kok. Legawa banget saya,” tambahnya sebagaimana dikabarkan Antara.

Terkait gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), dia mengaku partainya bakal melihat situasi terlebih dahulu. Dia pun mempersilakan bila ada partai lain yang mengajukan gugatan ke MK, termasuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sama-sama tidak lolos ke Senayan.

Advertisement

“Tapi ya masa mau menggugat 200.000 suara itu dari mana, semua ada saksinya,” kata Kaesang saat menjawab pertanyaan pewarta soal PPP yang mengajukan gugatan ke MK.

Walaupun gagal, dia menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan baik. Jika pun ada kesalahan-kesalahan, menurutnya hal tersebut bersifat manusiawi.

Adapun pada Pemilu 2024 PSI hanya meraup sebanyak 4.260.169 suara. Secara persentase, perolehan PSI tersebut hanya 2,81% dari total suara sah sehingga gagal mencapai ambang batas parlemen yang telah ditentukan yakni sebesar 4%.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif