News
Senin, 29 Juni 2015 - 14:15 WIB

KABINET KERJA JOKOWI-JK : Syafii Maarif: Resuffle Mendesak Dilakukan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Syafii Maarif (JIBI/Solopos/Antara)

Kabinet kerja Jokowi-JK kembali digoyang kabar akan adanya perombakan personel.

Solopos.com, JAKARTA — Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafii Maarif, mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencari menteri dari kalangan profesional yang memiliki pandangan ke depan untuk membantunya menjalankan pemerintahan.

Advertisement

Syafii mengatakan perombakan atau reshuffle kabinet perlu segera dilaksanakan, meskipun usia pemerintahan baru memasuki bulan kedelapan.

Pasalnya, kata dia, selama Kabinet Kerja yang diusung Presiden Jokowi terbentuk, belum banyak perubahan yang terjadi di dalam negeri.

“Sudah delapan bulan, saya kira sudah mendesak [untuk reshuffle], tetapi tidak tahu apakah Presiden Jokowi masih akan menunggu hingga setahun,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/6/2015).

Advertisement

Syafii menuturkan pelambatan perekonomian nasional sebenarnya dapat dijadikan sebagai salah satu indikator dalam mengevaluasi kinerja menterinya.

Apalagi, saat ini pemerintah sedang berupaya memberantas mafia di berbagai sektor yang membebani perekonomian di dalam negeri.

Menurut dia, Presiden Jokowi membutuhkan sosok menteri yang mau bekerja dan berani dalam mengambil keputusan. Presiden pun harus memperbanyak tokoh profesional di kabinetnya, agar dapat bekerja lebih efektif.

Advertisement

“Boleh saja menteri dari partai politik, tetapi cari orang yang betul-betul profesional, punya integritas, dan tulus ingin berbuat sesuatu untuk bangsa,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Syafii Maarif juga memuji sikap Presiden Jokowi yang berani turun langsung ke bawah, untuk memastikan dana otonomi khusus dan pembangunan di Papua berjalan dengan baik.

“Saat ini ada harapan [untuk Papua], Presiden sudah turun ke bawah langsung, meskipun sudah dilarang oleh BIN,” ucap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif