News
Senin, 23 Desember 2013 - 16:30 WIB

Jumlah Crosser Terjebak di Hutan Watulimo Tak Jelas

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Prigi Extreem Advanture Rally (youtube.com)

Solopos.com, TRENGGALEK – Ratusan crosser asal Jawa Timur dan Jawa Tengah peserta Progi Extreme Adventure yang digelar Dinas Pariwisata Trenggalek di Hutan Watulimo, sepanjang Pantai Prigi, pesisir selatan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (22/12/2013) malam, dikabarkan terjebak ganasnya alam setempat. Setelah belasan jam bertahan di hutan belantara tanpa akomodasi memadai, mereka dievakuasi tentara, polisi, dan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui jalur darat dan laut.

Kapolres Trenggalek AKBP Denny Setya Nugraha Nasution yang dikutip Kantor Berita Antara, Senin (23/12/2013) pagi, mengungkapkan upaya terakhir yang dilakukan personel search and rescue (SAR) berhasil menjemput 20 peserta, sementara 3 lainnya sengaja ditinggalkan untuk menjaga kendaraan peserta yang tak lagi bisa dikendarai. “Sementara sekitar 50 lebih peserta lainnya masih dalam penyisiran,” kata Denny.

Advertisement

Akibat beratnya jalur penelusuran bersepeda motor di hutan belantara itu, sepeda motor trail peserta mengalami kerusakan mesin dan kehabisan kampas rem. “Fokus evakuasi adalah pada orangnya, kendaraannya sementara ditinggal di lokasi dan akan dievakuasi selanjutnya,” kilah Denny.

Sejauh ini, perwira polisi itu tak mampu mengungkapkan angka pasti jumlah crosser yang harus dicari personel SAR. Menurut Denny, baik panitia maupun tim evakuasi tidak bisa memastikan jumlah peserta yang masih terjebak di dalam hutan ataupun tersesat ke perkampungan penduduk. Koresponden Kantor Berita Antara yang kali pertama mengungkap insiden itu juga tak memiliki catatan pasti terkait jumlah peserta tersebut. Semula jumlahnya peserta diduganya ratusan orang, namun belakangan melonjak menjadi seribuan crosser.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif