News
Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:54 WIB

Judulnya Nyeleneh, Skripsi 3 Mahasiswa UDB Surakarta Lolos Jurnal Nasional

Brand Content  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Skripsi 3 mahasiswa Program Studi S1 Hukum Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta yang judulnya terbilang nyeleneh, tapi berhasil lolos jurnal nasional. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Bagi kalangan mahasiswa, penyusunan skripsi seringkali menjadi momok yang menakutkan karena dianggap sebagai tugas akhir yang sangat berat untuk diselesaikan.

Tetapi, hal itu tampaknya tidak menyurutkan semangat mahasiswa Program Studi S1 Hukum Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta dalam menyelesaikan tugas akhir mereka dengan baik. Bagaimana tidak, tiga mahasiswa prodi tersebut berhasil menyelesaikan tugas dengan sangat cepat.

Advertisement

Uniknya lagi, judul yang mereka ambil terbilang nyeleneh jika dibandingkan dengan skripsi karya mahasiswa lain. Meski demikian, ketiga mahasiswa tersebut berhasil memublikasikan skripsi mereka pada jurnal nasional.

Adapun judul-judul skripsi mahasiswa UDB Surakarta yang nyeleneh itu sebagai berikut:

Ketua Program Studi S1 Hukum Universitas Duta Bangsa Surakarta Aris Prio Agus Santoso, S.H.,M.H., yang sekaligus sebagai pembimbing ketiga mahasiswa tersebut membenarkan hal itu saat diwawancarai.

Advertisement

“Membuat judul skripsi yang unik bukanlah pelanggaran melainkan sebuah improvisasi supaya tugas akhir dapat disajikan lebih menarik,” jelasnya melalui keteranga resmi yang dikutip Sabtu (18/5/2024).

Bagi Aris, setelah adanya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka mahasiswa dapat lebih kreatif, berinovatif, serta komunikatif di tengah persaingan global dari berbagai lulusan perguruan tinggi.

Aris menambahkan tidak ada larangan membuat judul skripsi yang unik asalkan makna dan inti dari tujuan penelitian itu tidak bias. Selain itu, wajib tetap disesuaikan dengan keilmuan Program Studi Hukum pada saat menulis tinjauan pustaka dan bahkan juga sampai pada saat menulis hasil dan pembahasan.

Advertisement

Dia menegaskan meskipun tergolong unik dan nyeleneh, skripsi yang disusun oleh para mahasiswa tersebut berdasarkan ilmu yang telah dipelajari dari Jurusan Hukum. Hasil karya ilmiah tersebut juga berdasarkan pengamatan, analisis yang relevan, dan sumber yang dapat dipertanggungjawabkan.

Program Studi S1 Hukum Universitas Duta Bangsa Surakarta memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi calon lulusan dan juga calon mahasiswa untuk mempersiapkan judul yang nantinya akan diambil sebagai tugas akhir, dengan catatan intisari dari tugas akhir tersebut tidak keluar jalur keilmuan program studi hukum.

“Semoga judul-judul di atas menginspirasi bagi para mahasiswa yang ingin menempuh skripsi dengan semangat,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif