News
Senin, 22 Agustus 2022 - 03:09 WIB

Jokowi Sudah Kantongi Nama Pengganti Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo

Surya Dua Artha Simanjuntak  /  Sri Sumi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama kader PDIP yang mengikuti rapat koordinasi di sekolah PDIP, Lenteng Agung Jakarat Selatan, Kamis (16/6/2022). Sebanyak 215 kepala daerah kader PDIP meneken surat perjanjian antikorupsi. (Dok. PDIP)

Solopos.com, JAKARTA — Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengungkapkan jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) akan diisi kader PDIP yang berprestasi.

“Pokoknya nama-nama kader PDIP yang berprestasi,” ujar Hasto saat menemui awak media di pelataran Gelora Bung Karno, Minggu (21/8/2022).

Advertisement

Dia mengatakan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekernoputri, sudah memberikan usulan nama-nama kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Menurut Hasto, Jokowi akan memilih salah satu dari nama yang diusulkan Megawati itu menjadi Menteri PAN-RB untuk menggantikan Tjahjo Kumolo.

Seperti diketahui, kursi jabatan Menteri PAN-RB merupakan jatah PDIP. Meski begitu, Hasto menegaskan PDIP hanya memberikan usulan nama. Keputusan akhir ada di tangan Presiden.

Advertisement

Baca Juga : Pengganti Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo akan Dilantik di IKN

“Kami ini kan taat asas. Ada nama-nama yang disampaikan dan kemudian Presiden Jokowi yang mengambil keputusan atas nama yang disampaikan,” jelasnya.

Hasto menambahkan saat ini pemerintah sedang memprioritaskan untuk mengisi jabatan Menteri PAN-RB setelah Tjahjo Kumolo meninggal.

Advertisement

Sebelumnya diberitakan bahwa istana mengisyaratkan Jokowi akan melantik Menteri PAN-RB pengganti Tjahjo Kumolo di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pelantikan akan dilakukan sebelum akhir Agustus. Apalagi, Jokowi sudah mengantongi nama-nama kandidat.

“Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Namun, nanti akan dibahas Presiden dengan Ibu Mega,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (8/8/2022).

Saat ini, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md., ditunjukan sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri PAN-RB.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sekjen PDIP Ungkap Bocoran Pengisi Jabatan MenPAN-RB

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif