News
Selasa, 2 September 2014 - 15:30 WIB

JOKOWI PRESIDEN : Ucapkan Selamat ke Jokowi, Hatta: PAN Tetap di Luar Pemerintahan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasangan Capres Cawapres Nomor urut 2 Joko Widodo (kedua kiri) bersalaman dengan Pasangan Cawapres Nomor urut 2 Hatta Rajasa (kiri), Pasangan Capres Nomor urut 1 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan pasangan Cawapres nomor 2 Jusuf Kalla seusai mengikuti debat final Capres Cawapres di Jakarta, Sabtu (5/7/2014) lalu. (Rahmatulah/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, BOGOR — Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa, yang juga cawapres bernomor urut 1 pasangan capres Prabowo Subianto, menegaskan pertemuannya dengan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) hanya untuk silaturahmi dan memberikan selamat secara langsung.

Meskipun melakukan pertemuan, dia mengemukakan tidak ada rencana untuk merapat ke kubu Jokowi-JK yang telah ditetapkan berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2014-2019. Kepada Jokowi, ujarnya, dia mengajak bersama-sama membangun negeri dalam kapasitasnya masing-masing.

Advertisement

“Saya bersilaturahim. Saya sampaikan selamat Pak Jokowi, sudah selesai di MK dan kita mendoakan bangsa kita maju. Setelah putusan MK, kita hormati. Presiden terpilih, wakil presiden terpilih,” ujarnya seusai menghadiri pertemuan antara tim Koalisi Merah Putih dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas Indah, Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/9/2014).

Hatta Rajasa menegaskan silaturahmi antara dua pihak yang berkompetisi dalam sebuah ajang, khususnya Pilpres 2014, merupakan hal sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Terus kalau berjumpa, dispekulasikan merapat. Inilah yang harus kita ubah, spekulasi-spekulasi yang seperti itu,” katanya.

Menurut Hatta Rajasa, jangan sampai tidak terjadi komunikasi dan tidak ada tegur sapa maupun perjumpaan hanya karena berbeda pandangan politik dalam kompetisi. Pilihan politik, ujarnya, diperlukan dalam rangka bersama-sama membangun dan memajukan bangsa. Selanjutnya ia mengajak bersatu menatap ke depan untuk membangun bangsa.

Advertisement

“Jangan nanti dilihat, tuh lihat pemimpin kita berkompetisi tidak ada lagi silaturahim. Ketemu saja tidak, mengucapkan selamat tidak. Ini tidak baik untuk politik kita.”

Hatta menegaskan sikap PAN saat ini adalah tetap berada di luar pemerintahan bersama tim Koalisi Merah Putih. Hatta Rajasa sebagai pribadi tidak bisa menentukan arah kebijakan partai secara tiba-tiba. “Ada mekanismenya. Melalui kongres yang dilaksanakan tahun depan. Apa yang diinginkan oleh konstituen kita melalui DPD dan DPW-DPW.”

Dia mengaku Jokowi merupakan sahabat yang telah lama berkomunikasi. Setelah bertemu dengan Jokowi, Hatta berharap dapat bertemu pula dengan wapres terpilih pasangan Jokowi, Jusuf Kalla. “Pak JK, saya juga ingin berjumpa,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif