News
Senin, 15 Oktober 2012 - 17:06 WIB

JOKOWI GUBERNUR NGEROCK (II): Tak Mau Foto Berambut Gondrongnya Diekspose

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto: Dokumentasi/JIBI/SOLOPOS

Foto: Dokumentasi/JIBI/SOLOPOS

SOLO–Kecintaan Jokowi terhadap musik rock  sejak duduk di SMAN 6 Solo berlanjut hingga dia kuliah di Fakultas Kehutanan UGM Yogkarta. Soal penampilan tak tanggung-tanggung. Saat itu dia biarkan rambutnya gondrong sebahu.

Advertisement

“Pasti Anda bisa membayangkan kan? Bagaimana waktu itu saya yang kurus juga seperti ini, rambut saya gondrong segini ,” ujar Jokowi sambil menempelkan tangan kanannya di bahunya.

Jokowi pun keberatan jika foto dirinya yang masih berambut gondrong diekspos di media massa.

Advertisement

Jokowi pun keberatan jika foto dirinya yang masih berambut gondrong diekspos di media massa.

“Kalau itu (foto rambut gondrong) janganlah. Ya, karena sekarang saya jadi pejabat publik, nanti dikiranya apa. Janganlah,” kelitnya sambil terkekeh.

Demi cinta rock itu pula, saat itu setiap ada pentas musik rock dia datangi. Waktu itu banyak band-band lokal yang memainkan lagu-lagu rock dari band-band mancanegara. Dia menjadi penonton yang tertib.  Ikut antre berjam-jam untuk mendapatkan tiket, ikut berdesak-desakan saat menonton konser, berjingkrak hingga menyanyikan lagu yang sedang dibawakan.

Advertisement

Pun halnya dengan koleksi kaos. Dia memiliki puluhan kaos yang bergambar atau ilustrasi dari berbagai grup rock. Ada kaos bergambar Napalm Death, Lamb of God, Metallica dan masih banyak lagi.

Kaos-kaos itu sebagian besar dibelinya di tempat-tempat yang dia datangi. Soal harga, Jokowi tak punya patokan. Kaos seharga di bawah Rp100.000 juga ia beli.

Diakui Jokowi, jabatannya saat itu sebagai Walikota Solo, membuatnya sedikit ngerem untuk melampiaskan kecintaannya terhadap musik rock itu.  Misalkan, buat nonton konser. Meski dia ingin sekali setiap konser rock yang menghadirkan grup terkenal dia saksikan, dia tak memenuhinya.  Kini kecintaan Jokowi terhadap musik rock  dia salurkan di ruang-ruang privatnya. Mendengarkan lagu-lagu rock hingga bersenandung kecil.

Advertisement

Musik rock bagi Jokowi tak identik dengan kekerasan dan ugal-ugalan. Dia pun tak sungkan memberikan salam tiga jari kepada siapa saja yang mencintai musik rock. “Salam tiga jari itu salam metal. Itu sebuah kode bagi para pencinta rock.” (Bersambung)

BACA:

Jokowi Gubernur Ngerock (I): Salam Tiga Jari Bang Joko

Advertisement

Jokowi Gubernur Ngerock (III): Nonton Konser, Jokowi Bisa Headbang Sepuasnya

Jokowi Gubernur Ngerock (IV): Ngefans Lirik Starway To Heaven

Jokowi Gubernur Ngerock (V): Kaset Rusak & Band Favorit

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif