News
Rabu, 28 Februari 2024 - 16:43 WIB

Jokowi Bantah Siapkan Anggaran Program Makan Siang Gratis di Sidang Kabinet

Reyhan Fernanda Fajarihza  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo makan bakso bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). ANTARA/Rangga Pandu

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah rapat Kabinet Indonesia Maju yang berlangsung Senin (26/2/2024) membahas secara spesifik tentang program makan siang gratis Prabowo-Gibran.

“Tidak ada pembicaraan spesifik mengenai tadi yang disampaikan,” kata Jokowi kepada wartawan di Mabes TNI Cilangkap, Rabu (28/2/2024).

Advertisement

Ayah cawapres Gibran Rakabuming Raka itu menjelaskan bahwa dalam sidang kabinet paripurna, dia hanya menyampaikan program-program presiden terpilih dalam Pemilu 2024 harus sudah dimasukkan dalam rencana anggaran 2025.

Menurut Jokowi, hal itu bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah penganggaran bagi pemerintahan selanjutnya.

“Supaya presiden terpilih jadi lebih cepat dan lebih mudah, dan nanti tidak kembali mengajukan anggaran kepada DPR. Inilah yang disampaikan di rapat paripurna kemarin,” tandasnya.

Advertisement

Sebelumnya, program makan siang gratis Prabowo-Gibran turut menjadi salah satu bahasan dalam sidang kabinet yang dipimpin Presiden Jokowi pada Senin (26/2/2024) lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

“Tadi membahas program program Pak Prabowo termasuk di dalamnya adalah makan siang tahap awal,” ucapnya kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan.

Advertisement

Bahlil menyebut pembahasan tersebut tidak berarti mendahului KPU yang belum menyatakan pemenang Pilpres 2024. Menurutnya, pemerintah hanya membuat rancangan dan simulasi yang dibutuhkan untuk tahap awal pelaksanaan program yang diperkirakan membutuhkan biaya ratusan triliun itu.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Bantah Rapat Kabinet Bahas Program Makan Siang Gratis Prabowo”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif