News
Selasa, 15 Januari 2013 - 17:10 WIB

JELANG UN: Ratusan Guru Siapkan Kisi-kisi Soal UN

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Para guru mulai mempersiapkan diri menyongsong ujian nasional (UN) yang dilaksanakan kurang dari empat bulan. Salah satunya dengan penyusunan kisi-kisi dan soal latihan yang dilakukan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) semua mata pelajaran yang diujikan.

Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Tri Budi Santosa, memaparkan sebanyak 205 guru dari 23 MGMP jenjang SMP, SMA dan SMK se-Kota Solo dikumpulkan dan diberi arahan untuk persiapan UN di SMP Negeri 12 Solo, Selasa-Kamis (15-17/1/2013). Para guru juga diminta untuk menganilisis soal-soal ujian tahun lalu dan didiskusikan untuk dijadikan sebuah kisi-kisi soal latihan.

Advertisement

Setelah itu para guru harus mengembangkan kisi-kisi soal menjadi soal latihan UN sebanyak empat paket. Soal latihan itu kemudian akan didistribusikan dalam bentuk CD ke semua sekolah se-Solo untuk dimanfaatkan sebagai bahan latihan siswa.

“Target dari kegiatan ini para guru berhasil membuat empat paket soal latihan,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di sela-sela kegiatan, Selasa (15/1/2013).

Di samping itu, para guru mata pelajaran yang diujikan diharapkan mendapatkan tambahan bekal dalam mempersiapkan diri, serta dapat meningkatkan kemampuan profesional guru dalam menghadapi UN. Guru juga akan mendapatkan masukan saat membedah standar kompetensi lulusan (SKL) untuk memperbaiki metode pembelajaran bagi siswa.

Advertisement

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan guru, Tutut Sumarjiyana, menjelaskan dengan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun itu, tren hasil UN di Solo relatif meningkat. Karena para guru lebih matang dalam mempersiapkan para anak didiknya. Selain itu, dengan contoh soal yang akan dibuat itu para siswa menjadi lebih kaya dalam mengerjakan variasi soal.

Dari kegiatan itu, Disdikpora juga menargetkan para guru agar dapat menyusun strategi pembelajaran yang efektif, sehingga perolehan nilai UN Kota Solo pada 2013 dapat meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kisi-kisi Soal UN
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif