News
Selasa, 16 April 2024 - 09:38 WIB

Jasad 20 Korban Longsor Tana Toraja Ditemukan, Operasi Pencarian Distop

Newswire  /  Aprianus Doni Tolok  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim SAR gabungan bersama warga melakukan pencarian korban tanah longsor di Palangka, Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Senin (15/4/2024). (Antara/Arnas Padda)

Solopos.com, JAKARTA–Total korban jiwa dalam bencana tanah longsor di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, bertambah menjadi 20 orang. Pada Senin (15/4/2024), tim pencarian dan pertolongan gabungan berhasil menemukan dua korban yang sebelumnya dinyatakan hilang.

Kedua korban tersebut ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale dan jenazah mereka langsung disemayamkan di Rumah Sakit (RS) Lakipadada.

Advertisement

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan total korban jiwa dalam bencana tanah longsor di Tana Toraja menjadi 20 orang.

“[Sebanyak] 16 Korban ditemukan di Desa Manggau Kecamatan Makale dan empat korban lainnya sebelumnya sudah ditemukan di Desa Lembang Randan Baru di Kecamatan Makale Selatan,” ujarnya melalui siaran pers BNPB yang dikutip Selasa (16/4/2024).

Advertisement

“[Sebanyak] 16 Korban ditemukan di Desa Manggau Kecamatan Makale dan empat korban lainnya sebelumnya sudah ditemukan di Desa Lembang Randan Baru di Kecamatan Makale Selatan,” ujarnya melalui siaran pers BNPB yang dikutip Selasa (16/4/2024).

Dia menjelaskan atas penemuan seluruh korban tersebut, maka operasi pencarian dan pertolongan pun dihentikan. Namun demikian, tim gabungan masih akan tetap bersiaga apabila terdapat laporan warga yang merasa kehilangan anggota keluarganya.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa tanah longsor di Tana Toraja tersebut dipicu oleh hujan berintensitas tinggi pada wilayah dengan kondisi tanah yang tidak stabil pada Sabtu (13/4/2024) pukul 22.30 Wita.

Advertisement

Pada bagian lain, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan mengirimkan bantuan untuk korban tanah longsor di Kabupaten Tana Toraja.

Kepala Dinkes Sulsel Muhammad Ishaq Iskandar mengatakan bantuan yang dikirimkan meliputi 20 dus makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI), 40 dus biskuit untuk ibu hamil, serta paket obat-obatan yang dibutuhkan para korban.

Dia mengaku telah melaporkan langsung kepada Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengenai respons cepat Dinkes terhadap bencana yang terjadi di daerah itu.

Advertisement

“Kami terus melakukan koordinasi dengan Kadis Kesehatan Tana Toraja dan jajarannya untuk membantu para korban bencana dan memfasilitasi bantuan dari sektor kesehatan,” ujar Muhammad Ishaq Iskandar dalam keterangan di Makassar, Selasa, seperti dilansir Antara.

Sebagai bagian dari layanan kesehatan bencana, kata dia, Dinkes Toraja telah mendirikan tiga pos kesehatan lapangan yang memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat dan petugas yang memerlukan layanan kesehatan.

Layanan ini termasuk penyiapan ambulans bagi korban untuk rujukan dan penyiapan fasilitas kesehatan, berupa pusat kesehatan masyarakat di berbagai lokasi, termasuk Puskesmas Makale, Rembong, Rantealang, Tumbang Datu, Rantetayo, Buntu Limbong, Getengan, Kondoran, dan Ulu Salu.

Advertisement

Selain itu, Puskesmas Buntu, Madandan, Makale Utara, Kurra, Tampo, Rano, dan Sandabilik. Para tenaga kesehatan di puskesmas masing-masing telah dijadwalkan untuk melakukan pelayanan secara sif sambil tetap siaga selama 24 jam, bersama dengan Rumah Sakit Lakipadada dan RS Sinar Kasih.

Dinkes juga melakukan surveilans dan pemantauan kesehatan lingkungan untuk mengidentifikasi potensi dan faktor risiko penyakit menular. “Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan bahwa korban bencana mendapatkan perawatan kesehatan yang memadai dan tepat waktu,” kata dia.

Sebagian artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul BNPB: Musibah Tanah Longsor Tana Toraja Memakan 20 Korban Jiwa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif