News
Minggu, 31 Desember 2023 - 15:58 WIB

Jaga Malam Tahun Baru 2024 di DKI, Polda Metro Siagakan 5.670 Personel

Newswire  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengamanan polisi. (humas.polri.go.id)

Solopos.com, JAKARTA – Polda Metro Jaya mengerahkan sedikitnya 5.670 personel gabungan untuk pengamanan malam Tahun Baru 2024 di DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Mengerahkan 5.670 personel gabungan yang terdiri dari Polda, Polres, TNI dan Pemda DKI Jakarta,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Polisi, Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (31/12/2023) seperti dilansir Antaranews.

Advertisement

Trunoyudo merinci jumlah personel gabungan tersebut terdiri dari 1.219 personel TNI, 3.963 personel Polda dan Polres jajaran serta 488 personel dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Sebagai catatan, 5.670 personel tersebut merupakan bagian personel yang melaksanakan juga dalam Operasi Lilin Jaya, yakni 4.041 personel dan ditambah untuk penebalan pasukan 1.629 personel,” katanya.

Advertisement

“Sebagai catatan, 5.670 personel tersebut merupakan bagian personel yang melaksanakan juga dalam Operasi Lilin Jaya, yakni 4.041 personel dan ditambah untuk penebalan pasukan 1.629 personel,” katanya.

Trunoyudo menyebutkan, ada sejumlah target pengamanan yang terdiri dari orang, tempat, benda dan kegiatan.

Untuk target orang meliputi masyarakat yang merayakan tahun baru, ormas, pedagang asongan, aparat keamanan dan pelaku kriminalitas.

Advertisement

Selanjutnya target pengaman benda, yaitu kendaraan pribadi dan umum, senjata api dan tajam, miras dan obat-obatan dan rambu-rambu jalan.

Untuk target pengamanan kegiatan, yakni giat masyarakat, menjelang dan pasca tahun baru, konvoi kendaraan, kegiatan rekreasi, puncak malam tahun baru dan juga media sosial (medsos).

Polda Metro Jaya mengimbau warga DKI Jakarta dan sekitarnya tidak melakukan konvoi saat malam Tahun Baru 2024 karena berpotensi menimbulkan gangguan ketertiban umum.

Advertisement

“Untuk tidak dilakukan konvoi atau arak-arakan ya, karena dapat mengganggu kepentingan orang lain,” kata Trunoyudo.

Konvoi juga akan menimbulkan gesekan-gesekan dan konflik ketika bertemu di satu tempat. Selain konvoi, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim) tersebut juga meminta masyarakat untuk tidak melakukan tindakan yang mengganggu ketertiban dan keamanan.

“Kemudian tidak arak-arakan dan kemudian juga hindari perbuatan-perbuatan yang memang dapat menimbulkan potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” katanya.

Advertisement

Selain Polda Metro Jaya, Satpol PP DKI Jakarta juga menyiapkan personel berikut pos pengamanan dan pengaduan masyarakat (pamdumas) di sepanjang Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman maupun jalan-jalan di tingkat kota/kabupaten administrasi saat malam tahun baru.

“Kami akan mengendalikan ketenteraman dan ketertiban umum pada malam Tahun Baru 2024 di titik-titik ruang publik dan membantu pengaturan arus pengunjung di sekitar lokasi acara atau panggung hiburan,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Arifin menyebut total personel yang disiagakan pada malam Tahun Baru 2024 sebanyak 1.640 orang.

“Khusus di sepanjang Sudirman-Thamrin pada acara ‘Malam Muda Mudi Jakarta Global’ kami menurunkan 930 personel,” kata Arifin.

Lalu, sebanyak 360 personel mengamankan kegiatan di tingkat kota/ kabupaten administrasi. Sedangkan 350 personel lainnya bertugas mengamankan ruang publik pada esok harinya (1/1/2024).

“Kami berupaya meminimalisir potensi pelanggaran peraturan daerah (perda), seperti adanya pedagang kecil mandiri [pedagang kaki lima] dan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial [PPKS)] seperti gelandangan, peminta-minta, dan lainnya,” ujar Arifin.

Tak hanya itu, jajaran Satpol PP DKI Jakarta juga akan menyiapkan 56 pos pamdumas di sepanjang Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman untuk menampung pengaduan warga apabila ada anggota keluarga terpisah, anak hilang serta kehilangan barang berharga.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif