News
Minggu, 3 Februari 2013 - 17:50 WIB

Isu Pemindahan Ibu Kota Negara Dinilai Tak Menarik

Redaksi Solopos.com  /  Laila Rochmatin  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

RIAU–Wacana pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke provinsi lain dinilai bukan isu yang menarik secara politik.

Para figus politik juga enggan mengembangkan isu itu saat akan mencalonkan diri sebagai presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Umum 2014.

Advertisement

Anggota DPR, Harry A Azis, di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Minggu (3/2/2013), menyatakan, “Masyarakat Jakarta dan Pulau Jawa kemungkinan tidak menyukai isu itu. Jika calon presiden dan wakil presiden Indonesia mengembangkan isu itu, kemungkinan akan kehilangan banyak dukungan dari Jakarta dan Pulau Jawa.”

Figur yang bakal mencalonkan diri sebagai presiden dan wakil presiden akan berkonsentrasi di lumbung suara yang paling banyak. Sebagian penduduk Indonesia, kata dia, tinggal di Jakarta dan Pulau Jawa.

Pemindahan ibu kota Indonesia ke Palangkaraya pernah disampaikan Ir Soekarno, presiden pertama Indonesia. Namun hal itu tidak terealisasi, meski keinginan Soekarno itu menggunakan pertimbangan yang logis yaitu pusat pemerintahan negara berada di posisi strategis antara Indonesia Tengah dan Timur.

Advertisement

Juga saat Soeharto berkuasa, yang pernah mencuatkan wacana memindahkan ibukota pemerintahan ke Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pemindahan ibu kota telah dilakukan berbagai negara seperti Amerika dan Brazil untuk kepentingan negara. Sedangkan Malaysia membagi pusat pemerintahan negara yang sebelumnya menumpuk di Kuala Lumpur dipindahkan ke Putra Jaya.

“Ketika banjir melanda Jakarta, isunya ibu kota Indonesia dipindah ke Palangkaraya atau Sentul. Namun isu tidak direspon pemerintah,” ungkapnya. (Antara/aw)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif