News
Jumat, 5 Mei 2023 - 18:19 WIB

Istana Bantah Video Viral Mobil Jokowi Nyangkut di Jalanan Rusak Lampung

Akbar Evandio  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rombongan Presiden Jokowi melintasi jalan rusak di alan Terusan Ryacudu menuju arah Kota Baru, Lampung, Jumat (5/5/2023). (Istimewa/BPMI Setpres)

Solopos.com, LAMPUNG — Pihak Istana membantah informasi yang menyebutkan mobil yang ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyangkut di lubang jalan melintasi jalanan rusak di Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023) siang.

Video bernarasi mobil Presiden Jokowi nyangkut di jalan rusak di Lampung viral di media sosial hari ini.

Advertisement

Deputi Bidang Protokoler, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menyebut mobil berpelat Indonesia 1 itu memang bergerak sangat perlahan mengingat kondisi jalan rusak parah.

Namun ia memastikan mobil sedan yang ditumpangi Presiden tidak pernah nyangkut di lubang jalan.

“Tidak nyangkut sama sekali. Enggak, [tetapi] mobil berjalan pelan karena [jalan] berlubang jadi pelan-pelan,” ujar Bey melalui pesan teks, Jumat (5/5/2023).

Advertisement

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi mengecek langsung kondisi infrastruktur jalan yang mengalami rusak parah di Provinsi Lampung dalam kunjungan kerja (kunker) pada siang tadi.

Ruas jalan pertama yang ditinjau Presiden Ke-7 RI dalam kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada pukul 10.30 WIB, adalah Jalan Terusan Ryacudu Kabupaten Lampung Selatan.

Jalan sepanjang ratusan kilometer itu kondisinya rusak parah, penuh lubang dan berair.

Advertisement

Jalur yang ditempuh Jokowi itu bukan yang disiapkan oleh Gubernur Lampung.

Di media sosial beredar luar video mobil Presiden Jokowi yang berhenti karena banyak lubang besar di jalan.

Jokowi terlihat sempat membuka pintu mobilnya untuk melihat kondisi jalan yang rusak.

Momentum Jokowi membuka pintu itu tidak lama, dan kembali menutup pintu mobilnya kembali.

Akibat peristiwa itu, iring-iringan kendaraan Presiden pun terhenti.

Dalam video itu pun terdengar suara masyarakat meminta maaf atas kondisi jalan tersebut.

“Wah, bagaimana itu? Nyangkut ya Pak? Mobil Bapak nyangkut itu. apalagi kita Pak, setiap hari lewat di sini. Nyangkut ya Pak mobilnya, maaf ya Pak jalannya jelek,” ujar warga dalam video viral tersebut, Jumat (5/5/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengaku telah membagikan data terbaru dari titik-titik jalan yang mengalami kerusakan di Provinsi Lampung.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja mengatakan Lampung memiliki jalan nasional dengan panjang hingga 1.298 kilometer (km) dengan kondisi baik di 95 persen.

“Artinya 5 persen itu rusak ringan, rusak sedang, rusak berat,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (5/5/2023).

Dia melanjutkan bahwa melalui data yang ada tercatat untuk jalan Provinsi memiliki panjang hingga 1.693 km dengan kondisi 77 persen baik, sehingga mengartikan 23 persen adalah jalan rusak ringan, sedang, dan berat.

“Sementara jalan Kabupaten/Kota panjangnya 17.700 km, itu 50 persen kondisinya mantap yang artinya 50 persen sisanya rusak ringan, sedang, berat. Nah, yang tadi kami lalui [pertama] itu jalan provinsi, termasuk yang 23 persen atau alami rusak berat. Jadi jalan di ITERA-Purwotani tadi ya. Jadi nama ruasnya Simpang Korpri-Purwotani atau akses ITERA,” tandas Endra.

Menteri BUMN Erick Thohir membenarkan Presiden Jokowi mengecek langsung kondisi infrastruktur jalan yang mengalami rusak parah di Provinsi Lampung.

“Menjawab pertanyaan warganet, apakah kami meninjau jalanan di Lampung, jawabannya iya, pasti. Memang itu tujuannya ke sini,” tulisnya dikutip melalui akun Twitter @erickthohir, Jumat (5/5/2023).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Tinjau Jalan Rusak, Tiktoker Bima Sindir Pemprov Lampung: Kena Loh!”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif