News
Selasa, 5 Agustus 2014 - 12:50 WIB

ISIS DI INDONESIA : Siapakah Sosok Misterius Abu Muhammad al Indonesi yang Ajak WNI Dukung ISIS?

Redaksi Solopos.com  /  Hijriyah Al Wakhidah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (youtube)

Solopos.com, JAKARTA – Sosok  Abu Muhammad al Indonesi muncul lewat tayangan YouTube.

Dengan bahasa Indonesia yang lancar dia berceramah dan mengajak WNI untuk berbaiat dengan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS). Dalam video itu Abu Muhammad dikelilingi orang-orang yang menenteng senjata otomatis. Lokasi pengambilan gambar disinyalir bukan di Indonesia.

Advertisement

Muncul pertanyaan soal siapa Abu Muhammad yang diduga kuat sudah bergabung dengan ISIS itu? Memang masih teka-teki soal sosoknya, tetapi Kapolri Jenderal Sutarman sudah membuka sedikit.

Menurut Sutarman, Abu Muhammad memang seorang WNI dan inisialnya B. Pihak kepolisian juga sudah melakukan pemantauan dan identifikasi.

Pertanyaan berlanjut, siapa B ini? Memang masih menduga-duga, namun menurut Pengamat Terorisme UI, Ridlwan Habib, B ini adalah Bahrumsyah yang juga pernah kuliah di UIN Ciputat tapi tidak lulus.

Advertisement

“Istrinya tiga , salah satunya janda dari tersangka teroris yang ditembak Densus 88,” kata Ridlwan, sebagaimana dilansir detik.com, Selasa (5/8/2014).

Menurut Ridlwan, kelompok ini anti negara, bagi mereka hanya ada satu pemerintahan yang wajib ditaati yang dipimpin Abu Bakr Al Baghdady. “Jadi, hukum di RI tak dianggap oleh penganut IS,” ujar Ridlwan, yang juga alumni S2 Kajian Stratejik Intelijen UI ini.

Ridlwan mewanti-wanti agar diwaspadai sedini mungkin soal geliat kelompok ISIS. Februari lalu sudah ada kelompok ini di Indonesia yang terang-terangan mendeklarasikan diri, dan kemudian terakhir di Malang, Bekasi, juga di Lapas Nusakambangan.

Advertisement

“Saya khawatir ini seperti bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Antisipasi harus dilakukan sejak sekarang,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif